Yayasan Suluh Terang Bangsa Gelar Pengobatan Gratis di Rutan Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 21-12-2022 | 08:56 WIB
suluh_bangsa-pengobatan-rutan-01.jpg
Tim medis dari Yayasan Suluh Bangsa melakukan pengobatan gratis kepada warga binaan Rutan Kelas II Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam mendapat pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dari tim tenaga kesehatan Yayasan Suluh Terang Bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (20/12/2022) itu merupakan hasil kerjasama Rutan Kelas IIA Batam dengan Yayasan Suluh Terang Bagsa bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan warga binaan tetap sehat saat megikuti pembinaan dan menjalani masa pidana di Rutan Batam.

Bertempat di Poliklinik Rutan Batam, dengan pengawasan petugas, kegiatan bakti sosial ini dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Suluh Terang Bangsa, Yuli beserta tim medis dan volunteer Suluh Terang Bangsa.

"Hari ini kami mengadakan kegiatan sosial di Rutan Kelas IIA Batam dengan melakukan pengobatan terhadap pasien yang membutuhkan serta bekerja sama dengan tim Suluh Terang Bangsa yang berjumlah 10 orang, terdiri dari dokter, bidan, perawat dan teman teman volunteer," tutur Yuli.

Lebih lanjut Yuli mengatakan, aksi sosial pengobatan gratis tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasien yang ada serta akan diadakan kelas konseling di Rutan Batam.

"Kami melakukan pengobatan terhadap 200 warga binaan yang dianggap membutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Rutan, sebagaimana informasi dari dokter Rutan sebelumnya seperti ISPA dan penyakit kulit. Dan hari ini juga kami mendatangkan dua orang hamba untuk mengajar kelas konseling," ungkap Yuli.

Kepala Rutan Kelas IIA Batam, Faizal G. Putra menyambuat baik kunjungan dan kerjasama dalam memenuhi hak-hak dasar pengobatan ratusan WBP di Rutan Batam.

"Saya berterima kasih kepada yayasan yang telah peduli terhadap warga binaan dalam memberikan pelayanan pengecekan dan pengobatan. Kami berharap kegiatan yang positif semacam ini dapat berlanjut dan bermanfaat bagi WBP," harap Putra.

Editor: Dardani