Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Batam ke-193, Jadikan sebagai 'Batam Kota Baru'
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 18-12-2022 | 13:33 WIB
rapat_paripurna_istimewa_batam.jpg
DPRD Kota Batam menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kota Batam ke-193 pada Minggu (19/12/2022) (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan Hari Jadi Batam ke-193, Minggu (19/12/2022).

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto SH MH yang memimpin rapat paripurna, dalam pembukaan menyampaikan sejarah singkat Batam.

"Hari ini merupakan momen yang paling bersejarah dan penting bagi kita semua. Dimana kita diingatkan kembali akan sejarah perjalanan sebuah negeri, tanah bertuah yang penuh dengan berkah bernama Batam. Sebuah negeri yang telah mengalami proses panjang menuju kemajuan dan kejayaan," terang Nuryanto.

Pada peringatan ini juga, lanjutnya, semua warga Batam diminta untuk mengingatkan kembali akan nilai-nilai perjuanan seorang Laksamana Hang Nadim yang saat ini telah terpatri namanya sebagai bandara internasional di Kota Batam.

Nilai-nilai perjuangan ini kiranya dapat menyatukan segenap anak bangsa dengan beragam latar belakang untuk bahu-membahu, gotong royong membangun serta membawa Batam menggapai masa depannya.

"Sebuah masa depan yang kita sepakati bersama sesuai dengan visi Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang modern dan sejahtera," terangnya.

Dia juga mengingatkan akan banyaknya tantangan Kota Batam ke depan yang tidak mudah dan ringan. Untuk itu, semua elemen masyarakat di Kota Batam harus bisa bekerjasama dan bahu-membahu. Apalagi, perekonomian global yang masih mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19. Termasuk imbas dari perang Rusia dan Ukraina.

Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, katanya, DPRD Kota Batam berkomitmen menghasilkan peraturan daerah yang dibutuhkan masyarakat Batam, memastikan pelayanan publik tidak terganggu, hingga menyerap aspirasi masyarakat baik yang ditindaklanjuti dengan rapat dengar pendapat, maupun yang dituangkan melalui pokok-pokok pikiran DPRD.

"Untuk itu, pimpinan dan anggota DPRD Kota Batam, akan selalu melakukan perbaikan diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perpanjangan tangan masyarakat," tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Wali Kota Batam HM. Rudi dalam sambutannya menyebutkan di peringatan ulang tahun ke-193 tahun ini mengandung tema Batam Kota Baru.

Di mana hal ini dimaknai Batam sebagai Kota yang direncanakan dan dibangun secara detail memperhatikan kebutuhan pelayanan publik, kegiatan usaha dan kenyamanan serta kebahagiaan warganya.

"Batam baru menggambarkan harapan dan mimpi untuk terwujudnya Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera," ujar Rudi.

Mengingat, Rudi melanjutkan, sejak pandemi melanda beberapa tahun lalu Batam terus beradaptasi dan berjuang untuk bisa pulih dan berakselerasi.

Karena itulah, Rudi mengajak seluruh masyarakat dan lintas elemen harus optimis dan saling berkolaborasi membangun Batam. Dimana proses pembangunan bukan saja oleh Pemerintah Kota Batam ataupun BP Batam saja, namun juga semua pihak dalam memajukan kota.

Dan sebagai kota dengan anugerah wilayah yang sangat strategis harus berani melangkah dan memiliki agenda besar serta bertransformasi.

Pemko Batam sangat menyadari, bahwa semua pembangunan yang ada di Kota Batam ini, beserta pencapaian yang telah diperoleh, dan seluruh penghargaan yang telah diterima tersebut, tidak dapat terwujud tanpa adanya dukungan dan sinergi yang harmonis antara DPRD dengan Pemerintah Kota Batam.

"Semoga, segala upaya yang telah dan akan kita lakukan dalam membangun 'Batam Kota Baru' dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kota yang sama-sama kita cintai ini," pungkasnya.

Editor: Surya