5 Kapal Feri Tambahan Disiapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Nataru
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 14-12-2022 | 19:40 WIB
pelabuhan-punggur13.jpg
Pelabuhan Telaga Punggur Batam. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) melalui Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, operator bakal menambah armada kapal feri tujuan Batam-Tanjungpinang.

"Sebanyak 5 armada tambahan dalam waktu dekat akan mulai disediakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," ujar Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Suherman, Rabu (14/12/2022).

Selain penambahan armada untuk Batam-Tanjungpinang, pihaknya juga melakukan penambahan armada untuk rute penyeberangan Batam-Dabo Singkep.

"Ada juga tambahan untuk Batam-Dabo Singkep 1 kapal. Kalau untuk rute ke Tarempa tidak ada tambahan, bahkan untuk rute penyeberangannya juga fleksibel. Karena jika cuaca tidak bagus maka keberangkatannya akan ditunda," tegasnya.

Berdasarkan data dari perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022 lalu, pihaknya melakukan penambahan armada karena kenaikan jumlah penumpang menjelang perayaan hari besar bisa mencapai 100 persen.

"Kalau menjelang hari besar itu bisa mencapai 5.000 penumpang kurang lebih. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari biasanya satu hari hanya menyebrangkan sebanyak 2.000 hingga 2.500 penumpang," ungkapnya.

Tidak hanya itu, dari hasil evaluasi bersama unit-unit gabungan yang bertugas di Pelabuhan Telaga Punggur, nantinya pihaknya juga tidak mengizinkan para penumpang untuk menunggu kedatangan kapal di area keberangkatan kapal dan harus menunggu di area ruang tunggu yang telah tersedia di lantai 2 pelabuhan.

Suherman juga menghimbau kepada para penumpang yang akan berangkat ataupun tiba melalui pelabuhan Domestik Telaga Punggur agar terus menerapkan protokol kesehatan.

"Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus karena saat ini trendnya kasus Covid-19 sudah menurun. Jadi mari bersama kita menjaga protokol kesehatan untuk kepentingan diri sendiri dan orang disekitar," tutupnya.

Editor: Yudha