Dikukuhkan sebagai Ketum PTKB Periode 2022-2027, Lik Khai: Pengusaha Karimun Berkontribusi terhadap Pembangunan
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 12-12-2022 | 09:36 WIB
likhai_dikukuhkan-ketum-PTKB-02.jpg
Acara Peringatan Harlah PTKB dan pengukuhan Lik Khai sebagai ketua umum, di Hotel Pasifik jodoh, Batam, Minggu (11/12/2022) malam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPRD Kota Batam Lik Khai --yang resmi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Perkumpulan Tionghoa Karimun Batam (PTKB) priode 2022-2027, menyatakan kesiapan pengusaha dan warga Karimun untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Kota Batam.

Lik Khai dan Dewan Pengurus PTKB priode 2022-2027 dikukuhkan dalam acara peringatan hari jadi ke-3 PTKB yang berlangsung di Hotel Pasifik, Jodoh, Minggu (11/12/2022) malam, yang dihadiri langsung Walikota/Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Forkopimda Batam,anggota DPRD Batam dan Provinsi Kepri, serta Bupati Karimun Annur Rafiq.

Ketua Umum PTKB yang baru dilantik menyampaikan, tujuan utama organisasi ini dibentuk 3 tahun lalu adalah untuk menjalin silaturahmi dan mengedepankan aksi sosial kepada warga Karimun yang bermukim di Kota Batam, dan masyarakat Batam secara umum.

"Mengingat sudah banyak warga Tionghoa asal Karimun yang menetap di Batam, jadi kita bentuk suatu wadah berkumpul untuk menjalin silaturahmi dan berkegiatan sosial. Karena selama ini pengusaha asal Karimun sudah banyak berkontribusi terhadap pembangunan kota Batam," ujar Lik Khai.

Lik Khai yang juga Ketua Komisi I DPRD Batam itu melanjutkan, pengukuhan dan peringatan hari jadi ke-3 PTKB, baru digelar tahun ini bukan tanpa alasan. Karena setelah organisasi atau paguyuban ini terbentuk, pandemi Covid-19 melanda, sehingga atas arahan pemerintah semua kegiatan berkumpul dikurangi.

Oleh sebab itu, ulang tahun dan pengukuhan pengurus organisasi yang mengedepankan kegiatan sosial ini baru bisa digelar tahun ini. Menurutnya, ini sebuah momen yang sangat berharga, di mana ratusan warga dan pengusaha Karimun bisa berkumpul dalam suatu wadah organisasi.

"Kita harap kekompakan terus terjalin. Dalam waktu dekat, kita akan membangun kantor sekretariat dan rumah singgah di kawasan Batam Center, agar warga Karimun yang belum memiliki tempat tinggal bisa di sana untuk sementara waktu," jelas Lik Khai.

Ditambahka, kegiatan sosial telah banyak dilaksanakan selama paguyuban ini terbentuk. "Sudah banyak kegiatan sosial kami lakukan, termasuk bantuan kepada warga Karimun, dan masyarakat Batam pada umumnya, namun, kami tetap verifikasi, apakah layak kita bantu atau tidak," kata politisi Nasdem itu.

Walikota Batam H. Muhammad Rudi dalam sambutannya mengatakan, saat ini Batam terus menggesa pembangunan. Diharapkan dukungan dan kontribusi dari semua elemen masyarakat agar pembangunan berjalan lancar.

"Target pembangunan, jangka pendek dan jangka panjang terus kita gesa. Efeknya, akan memberikan geliat positif kepada para investor, baik lokal mau pun investor luas," kata Rudi.

Sedangkan Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq berharap kepada semua warga Karimun yang sukses menjadi pengusaha di kota Batam, agar tidak melupakan kampung halaman. Ia menilai, warga Tionghoa Karimun sudah berbaur dan menyatu dengan masyarakat melayu, kedepan, keakraban terus terjalin, tanpa membedakan suku dan keyakinan.

"Jangan lupakan kampung halaman, pulang kampung bile nak sembahyang Imlek saja. Karimun juga mempunyai peluang investasi, oleh karena itu, mari kita bersama-sama memajukan kampung halaman kita," pinta Aunur Rafiq.

Editor: Dardani