Total Penerima BLT se-Kota Batam 28.990 KPM

Pemko Batam Salurkan BLT untuk 1.271 KPM di Kecamatan Lubukbaja
Oleh : Aldy
Jum\'at | 25-11-2022 | 19:24 WIB
blt-lubukbaja.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat pembangian BLT di Kecamatan Lububaja, Jumat (25/11/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam (Pemko) Batam melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 1.271 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Lubukbaja.

Penyaluran pertama dilaksanakan secara simbolis oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Depan Hotel Utama, Nagoya, Kelurahan Lubukbaja Kota, Kecamatan Lubuk Baja, Jumat (25/11/2022) sore.

Plh Kepala Dinas Sosial-PM Batam, Leo Putra, mengatakan penyerahan BLT ini melalui pihak ketiga, yakni PT Pos Indonesia. Kegiatan penyerahan ini dilakukan dalam kurun waktu 31 hari ke depan di 12 titik kecamatan yang tersebar di seluruh Kota Batam.

"Total jumlah penerima untuk 12 kecamatan se-Kota Batam sebanyak 28.990 KPM masing-masing KPM mendapatkan Rp 300 ribu," kata Leo, usai penyerahan BLT secara simbolis.

Leo menyebutkan, KPM yang menerima ini adalah masyarakat yang kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTK) di Kota Batam, namun tidak menerima bansos dari Pemerintah Pusat seperti PKH, Sembako, BLT pusat dan lainya.

"Dalam DTKS sudah terdapat by name by addressnya. Awalnya kami verifikasi sekitar 54 ribu KPM. Setalah beberapa penyaringan seperti data ganda, yang meninggal, akhirnya kita mendapatkan hasilnya sebanyak 28.990 KPM," jelasnya.

Leo menambahkan, untuk KPM yang penerimanya mengalami disabilitas atau yang sudah lansia serta kesehatannya sudah menurun, PT Pos Indonesia akan mengantar BLT tersebut langsung ke rumah sesuai dengan alamat penerima.

"Bagi yang sehat datang dan membawa undangan dari PT Pos Indonesia, dilengkapi dengan KTP dan Kartu Keluarga. Petugas lebih mengutamakan kaum lansia, ibu hamil, pembawa anak, dan warga yang sedang pemulihan setelah sakit," pungkasnya.

Editor: Gokli