10 Ribu Warga Nusa Tenggara Timur Bakal Hadiri Pelantikan Pengurus PK NTT Batam
Oleh : Paskalis RH
Senin | 21-11-2022 | 19:56 WIB
PK-NTT.jpg
Gladi resik PK NTT di Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepualauan Riau (Kepri), Senin (21/11/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang pelantikan Pengurus Perkumpulan Keluarga Nusa Tenggara Timur (PK NTT) Kota Batam, panitia pelantikan menggelar kegiatan gladi resik (GR) di Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Senin (21/11/2022).

Kegiatan gladi dihadiri para pengurus, pemuda, serta seluruh warga NTT di Kota Batam yang terlibat dalam acara pelantikan yang akan berlangsung pada Sabtu (26/11/2022) mendatang.

Ketua Panitia, Ahmad Syahbudin, menyampaikan, persiapan sejauh ini sudah maksimal. Acara pelantikan Pengurus PK NTT pada Sabtu mendatang, katanya, akan dimeriahkan dengan parade budaya khas Provinisi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Persiapan kami sampai saat ini sudah mencapai 100 persen. Tinggal teknisnya saja. Kita akan tampilkan tarian-tarian tradisional NTT, seperti tarian Ja'i yang dikoordinir oleh Kabupaten Ngada dan Nagakeo, Lego-lego dari Kabupaten Alor, gawi dari Kabupaten Ende dan dolo-dolo dikoordinir oleh Lembata. Kemudian ada juga tarian penjemputan, yaitu tarian hegong yang dikoordinir oleh Kabupaten Sika dan tarian hedung dari Flores Timur," kata Arnold, sapaan akrab Ahmad Syahbudin, saat menggelar konferensi pers, Senin (21/11/2022).

Arnold menjelaskan, teknis acaranya adalah pada saat perarakan masuk, para pengurus akan dijemput atau diiringi dengan salah satu tarian khas NTT yaitu, tarian Ja'i dari Kabupaten Ngada.

"Selanjutnya, karena kita di tanah Melayu sehingga wajib juga kita suguhkan tarian persembahan sekapur siri. Semuanya akan dipadukan pada hari Sabtu nanti. Dan tentu akan menciptakan warna yang sangat luar biasa," ujar Arnold.

Sementara dari sisi keamaan, kata dia, akan melibatkan aparat kepolisian dan Satpol PP. Tetapi yang terpenting, seluruh pemuda PK NTT akan menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan demi keberlangsumgan acara pelantikan.

Sementara itu, Ketua Umum PK NTT Periode 2022-2026, Andi S Mukhtar, mengatakan acara pelantikan badan pengurus tak hanya dihadiri oleh Warga NTT yang berdomisili di kota Batam, namun sejumlah Pejabat penting asal NTT juga bakal menghadiri acara tersebut.

"Kita perkirakan warga NTT yang akan hadir nanti ini mencapai 10 ribu orang. Bahkan diprediksikan akan meningkat. Hal itu terlihat dari tingginya antusias warga NTT yang terlibat dalam parade budaya," kata Andi.

Selain para pejabat, kemungkinan besar pada saat acara pelantikan juga dihadir 13 Anggota DPR RI Dapil NTT serta 5 orang jenderal, 3 dari Kepolisian, 2 dari TNI. Para jenderal itu yakni; Irjen Pol Johanis Asadoma, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Irjen Pol Rudolf Albert Rodja serta Mayjen Gabriel Lema dan Mayjen Joseph Robert Giri.

Andi juga mengatakan, acara pelantikan ini kemungkinan besar akan dihadiri langsung Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Tak hanya itu, acara tersebut bakal dihadiri juga oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan Pemerintah Kota Batam serta sejumlah pejabat daerah.

Ia berharap, acara pelantikan nanti berjalan meriah dan memberi warna tersendiri bagi jutaan mata yang menyaksikan, baik secara langsung maupun melalui live streaming. "Gubernur NTT, Pak Viktor Bungtilu Laiskodat kemungkinan besar akan hadir juga. Kemudian, nanti ada Wali Kota Batam, Gubernur dan beberapa pejabat-pejabat daerah kita undang untuk hadir juga dalam acara pelantikan," sebutnya.

Masih kata Andi, acara pelantikan ini akan sangat berkesan karena akan menampilkan budaya NTT yang disaksikan oleh banyak orang. Parade budaya ini penuh warna, karena warga NTT yang hadir akan mengenakan busana bermotif tenun khas (Pakaian Adat) NTT.

"Momen pelantikan Ini, adalah kesempatan kita untuk memperkenalkan budaya NTT di Bumi Melayu. Dan tentu kami juga mengundang seluruh warga Batam untuk turut hadir, karena kita laksanakan ini di tempat terbuka yaitu, di Alun-alun Engku Putri. Kami berharap, acara sampai hari H nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Editor: Gokli