Anniversaky ke-5 IHKA Kepri, Tingkatkan Kualitas Houskeeper Dukung Sektor Pariwisata
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 16-11-2022 | 17:56 WIB
IKHA1.jpg
Perayaan Anniversary ke-5 IHKA Kepri, di Hotel Travelodge Batam, Rabu (16/11/2022). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anniversary ke-5 Indonesia Housekeepers Association (IHKA) BPD Kepri, mengusung tema 'sense of belonging consistency' atau konsisten mempunyai rasa memiliki terhadap perusahaan tempat bekerja.

Perayaan yang berlangsung di Hotel Travelodge Batam, Rabu (16/11/2022), dihadiri sejumlah instansi yang berhubungan dengan dunia pariwisata, termasuk BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sekretaris IHKA Kepri, I Made Sumerta mengatakan, sesuai dengan temanya, kegiatan tahunan ini dilaksanakan tidak hanya terfokus pada acara seremonial saja. IHKA Kepri juga memberikan motifasi kepada seluruh anggota agar lebih memiliki kompetensi dalam bekerja.

"Tahun ini kita fokus pada peningkatan kualitas bekerja kepada semua anggota. Hal ini merujuk pada program Pemprov Kepri. Dimana kita harus bergandengan tangan dalam meningkatkan kembali dunia pariwisata di Kepri pasca pandemi Covid-19 melanda," ujar Imade Sumerta, disela-sela acara.

Imade menjelaskan, dalam peningkatan kualitas houskeeper yang sebagian besar anggota IHKA adalah houskeeping, sangat penting diterpakan demi meningkatkan pelayanan kepada tamu hotel. Sehingga kesan pada wisatawan, baik Wisman maupun Winus mempunyai kesan tersendiri saat berwisata atau kunjungan bisnis ke Batam, Provinsi Kepri pada umumnya.

"Bila servis kita bagua terhadap wisatawan, pastinya potensi pariwisata di Kepri akan terus meningkat, ini juga harapan dari Pemprov Kepri," terangnya.

Ia menyebutkan, selain peningkatan kompetensi, para anggota juga dilibatkan berbagai kegiatan positif lainya, termasuk kegiatan sosial. "Kita banyak juga program, ikut berpartisipasi dalam pembagian CSR misalnya, bakti sosial, dan banyak kegiatan positif lainya," kata Imade Sumerta.

Sementara, bendahara IHKA Kepri, Siti Nurhayati, menuturkan, dilibatkannya para pelajar dan mahasiswa dibidang pariwisata bertujuan untuk memberikan pemahaman secara nyata dalam dunia pariwisata. Menurutnya, ilmu yang didapat secara formal akan lebih bermanfaat bila diimplementasikan di lapangan.

"Kita juga butuh regenerasi, baik dari segi organisasi, maupun dari segi pelaku usaha pariwisata pada umumnya," ujar Siti.

Kemudian, Plt Kepala Dinas pariwisata Provinsi Kepri Luki Zaiman, yang hadir dalam pembukaan menyampaikan, Gubernur Ansar Ahmad memberikan apresiasi atas kinerja IHKA selama ini dalam mendukung peningkatan pariwisata di Kepri. Baginya, pelayanan yang baik dan berkualitas dalam dunia periwisata merupakan hal yang mutlak dalam meningkatkan kuantitas wisatawan.

"Pemprov Kepri berharap, andilnya IHKA bisa terus berkolaborasi dengan Pemprov dan organisasi pariwisata lainnya dalam membangun housekeeper yg berkualitas, handal dan profesional," kata Luki Zaiman.

Editor: Yudha