Anniversary ke-46, KKSS Gelar Lomba Domino Berhadiah Total Rp 20 Juta
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 12-11-2022 | 16:28 WIB
Domino12.jpg
Lomba domino dalam rangka hari jadi ke-46 Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati hari jadi ke-46 tahun, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Batam, mengadakan perlombaan olahraga domino dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta.

Perlombaan tersebut merupakan rangkaian peringatan hari jadi KKSS, yang diadakan di salah satu cafe di kawasan Legenda, Kecamatan Batam Kota, Jumat (11/11/2022).

Ketua PORDI Batam, Eko Santoso mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 11- 12 November. Pada awalnya peserta dari internal KKSS dari berbagai komunitas se-kota Batam. Namun, apabila ada masyarakat lain yang ingin bergabung, pihaknya juga akan membuka ruang itu

"Malam ini ada sekitar 100 pasang pendaftar, artinya ada 200 orang, malam ini masih dari internal KKSS semua," kata Eko Santoso

Dijelaskannya, metode permainan itu sendiri mengikuti aturan secara nasional, mulai dari cara perhitungan, hingga pemakaian alat Domino itu sendiri. Pada umumnya masyarakat Kepri dalam permainan domino menggunakan domino yang terbuat dari batu, akan tetapi, sesuai dengan peraturan PORDI pusat, permainan domino saat ini menggunakan kartu.

"Belum lama ini kita mengikuti liga domino seluruh Indonesia, dan Alhamdulillah kita dari Provinsi Kepri mendapatkan juara 4 tingkat nasional. Makin banyak kegiatan seperti ini, paling tidak kita bisa mendapatkan bibit baru dalam olahraga domino," terang Eko Santoso.

Sementara, Ketua KKSS Kota Batam, Masrur Amin menyampaikan, lomba domino ini merupakan rangkaian kegiatan dari KKSS dalam menyambut anniversary yang ke-46. Dimana sebelumnya, sejumlah pertandingan olahraga telah terlaksana. Baginya, olahraga domino, merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari suku Bugis.

"Kita bergandengan tangan dengan PORDI karena olahraga domino sudah masuk pada kejurnas. Artinya, olahraga domino sudah mempunyai aturan yang resmi, oleh karena itu, dengan kegiatan ini, masyarakat yang bermain domino bisa terbiasa dengan aturan yang telah diterapkan oleh PORDI Pusat," kata Masrur Amin.

Ditambahkannya, perlombaan domino dari KKSS dan PORDI kali ini, juga menyiapkan ruang bagi masyarakat atau paguyuban yang ingin ikut berpartisipasi. Hal ini semata-mata untuk kebersamaan dan silaturahmi sesama warga Batam.

"Awalnya internal KKSS saja. Namun, demi kebersamaan kita sesama warga Batam, kita welcome bagi saudara-saudara kita dari paguyuban lain, bahkan masyarakat sekitar sini juga silahkan," tutup Masrur Amin.

Sejumlah tokoh juga terlihat hadir dan ikut berpartisipasi dalam perlombaan kali ini, diantaranya, Sekda kota Batam Jefridin Hamid, Kadis Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung, Anggota DPRD Provinsi Kepri Rizky Faisal, Anggota DPRD Batam Yunus, Ketua Dewan Pembina PERPAT Saparudin Muda dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Editor: Yudha