Ingin Jadi Tonggak Harapan Menuju Indonesia Emas 2045, Ribuan Warga Hadiri Musra V Kepri
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 06-11-2022 | 17:04 WIB
musra_v_kepri.jpg
: Sekretaris Musra Indonesia Taki Reinhard (tengah), Wakil Ketua Musra Indonesia, Yayong (kiri) dan Ketua Panitia Musra V Kepri Dody Sitorus (kanan) di Hotel Pasic, Jodoh, Batam Sabtu (5/11/2022) (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan warga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), khususnya warga Kota Batam, menghadiri Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Daerah V Kepri yang memberikan aspirasinya terkait pemimpin masa depan Indonesia, menuju Indonesia emas 2045.

Ketua panitia pelaksana Musra V Kepri Doddy Sitorus, mengatakan acara ini dihadiri tidak kurang dari 2000 orang. Acara tersebut, bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat Indonesia, terkait calon pemimpin pada 2024 mendatang.

"Siapapun yang menjadi pemimpin pada 2024 nanti, hal itu akan menentukan tahun kemasan Indonesia pada 2045 mendatang," kata Dody Sitorus, usai pembukaan Musra V Provinsi Kepri di Hotel Pasific, Jodoh, Batam, Sabtu (5/11/2022).

Sementara Sekretaris Musra Indonesia, Taki Reinhard Parapat, menyampaikan, salah satu tujuan digelarnya musyawarah rakyat adalah untuk menjaring nama calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024.

"Agenda Musra bertujuan mencari calon pemimpin yang satu visi menuju Indonesia Emas 2045. Ini sudah dilaksanakan Presiden Jokowi sejak 2014 lalu, dan program ini akan terus dilaksanakan hingga akhir periode beliau pada 2024 nanti," ujar Taki Reinhard.

Taki menjelaskan, dengan digelarnya musra di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia diharapkan akan menjadi refrensi atau cermin, bagi pemimpin Indonesia mendatang.

Siapapun pemimpin yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia nantinya, hasil musra ini akan menjadi pedoman, bahwa seperti ini lah harapan masyarakat Indonesia.

"Harapan kita, lahir pemimpin nasional harapan rakyat yang satu visi dengan Presiden Joko Widodo untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045. Perlu kami tegaskan, bahwa Musra ini tidak terikat oleh partai manapun, musra ini bertujuan menampung aspirasi masyarakat untuk pemimpin 2024 mendatang," terang Taki Reinhard.

Kemudian, Wakil Ketua Musra Indonesia, Yayong Waryono, mengatakan, dengan agenda Musra, program pembangunan yang sudah dilaksanakan Presiden Jokowi bisa terus berkelanjutan.

Baginya, program kesejahteraan rakyat dan menuju Indonesia Emas 2045, suatu hal yang tidak mungkin bisa dicapai bila pemimpin yang akan datang memiliki visi dan misi yang sama dengan pemimpin saat ini.

"Ini harus berkesinambungan, karena kami ingin kinerja untuk pembangunan terus berkelanjutan. Kami mencari tokoh tokoh bangsa, tokoh muda yang tepat, yang bisa melanjutkan pembangunan, baik di tingkat nasional maupun provinsi," kata Yayong, yang juga Ketua Umum Indeks.

Dislokasi yang sama, Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai menghadiri acara Musra menyampaikan, hadirnya Musra merupakan bagian dari pendidikan demokrasi bagi masyarakat.

Kegiatan seperti ni juga mengajarkan masyarakat, bagaimana pentingnya peran pemimpin yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

"Saya kira kita perlu memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang sudah membangun Indonesia dengan baik," ujar Gubernur Ansar.

Editor: Surya