Jadi Tuan Rumah Workshop FKDK BPDSI, BRK Syariah Paparkan Ragam Solusi bagi BPD
Oleh : Aldy
Rabu | 05-10-2022 | 13:40 WIB
workshop-PBD.jpg
Dirut BRK Syariah, Andi Buchari, saat menyampaikan kata sambutan dalam Workshop FKDK BPDSI Wilayah Barat (Sumatera) tahun 2022 di Ballroom Grand Hotel I Batam, Rabu (5/10/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Riau Kepri (BRK) Syariah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Workshop Forum Komunikasi Dewan Komisaris (FKDK) Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) Wilayah Barat (Sumatera) tahun 2022.

Hadir dalam Kegiatan yang digelar di Ballroom Grand Hotel I Batam, Dewan Komisaris, Komite, dan Sekretaris Dewan Komisaris dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) se-Sumatera.

Direktur Utama (Dirut) BRK Syariah, Andi Buchari, mengatakan FKDK BPDSI Wilayah Barat (Sumatera) ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi, serta memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan peran BPD dalam dunia perbankan. Selain itu kegiatan ini juga memperoleh kemudahan dalam berkomunikasi secara kelembagaan.

"Dan ini juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan profesi dan organisasi serta hal-hal lain yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di Bank-Bank Pembangunan Daerah se-Sumatera," kata Andi Buchari, Rabu (5/10/2022).

Andi juga menjabarkan terkait beragam tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Khususnya pada dunia perbankan, di antaranya, kenaikkan inflasi yang menyebabkan penurunan daya beli masyarakat.

"Tantangan ini yang menjadi perhatian kita dalam pembahasan kita dalam Workshop FKDK BPDSI Wilayah Barat Sumatera ini. Mengingat dari sektor perbankan, menurunkan daya beli masyarakat tentunya akan berdampak pada Daya Bayar. Dan ini memicu pada perolehan laba," paparnya.

Andi menjelaskan, hal lain yang menjadi pembahasan pada kegiatan ini, adalah tren kenaikkan suku bunga juga sangat mempengaruhi biaya-biaya dalam operasional. "Ini juga bakal menimbulkan tekanan yang sangat luar biasa dalam perolehan laba nantinya. Dan semua tantangan-tantangan ini, nantinya menjadi bahan-bahan diskusi dalam Workshop ini," terangnya.

Ia berharap, kegiatan Workshop FKDK BPDSI Wilayah Barat (Sumatera) akan tercipta hubungan yang harmonis dan solid antara seluruh BPD di pulau Sumatera. Sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi khususnya di wilayah Sumatra.

"Intinya, forum ini bisa menjadi wadah dan tempat bagi seluruh BPD di Indonesia khususnya Sumatera untuk memaksimalkan peran dan fungsi di dunia perbankan," tutup Andi Buchari.

Editor: Gokli