Sekda Batam Hadiri Peletakan Batu Pertama Graha PGIW Kepri
Oleh : Paskalis
Rabu | 05-10-2022 | 08:04 WIB
A-BATU-PERTAMA-PGIW.jpg
Suasana peletakan batu pertama pembangunan Gedung Graha PGIW Provinsi Kepri, Senin (3/10/2022). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefriden Hamid menghadiri peletakan batu pertama Gedung Graha Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Provinsi Kepri, Senin (3/10/2022).

Peletakan batu pertama Graha PGIW Kepri ini juga dihadiri Ketum PGIW Kepri, Pdt Renova Sitorus, Ketum Lembaga Aras Kepri yang lain, para ketua Sinode Gereja di Kepri anggota PGIW Kepri, seperti Pdt Sabar Brahmana dari GBKP.

Kemudian, dari BNKP Pdt Filimon Gulo, dari HKI Pdt, Rimhot Simamora dan tentunya Praeses HKBP Pdt Renova Sitorus dan beberapa pendeta mewakili sinode anggota PGIW Kepri.

Selain itu, hadir pula Kepala Kementrian Agama Kota Batam, Zulkarnaem, beserta Pembimas Kristen baik tingkat Provinsi Kepri, Sahat Sihombing dan Kota Batam, Ibu Esther. Demikian juga hadir anggota DPRD Provinsi Kepri, Wirya Putra Sar Silalahi serta anggota DPRD Kota Batam Budi Mardianto.

Ketua Panitia Pembangunan, Djasarmen Purba, mengatakan, gedung Graha PGIW Kepri adalah gedung serbaguna yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar di Tiban Mentarau, Kelurahan Tiban, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, dengan luas bangunan sekitar 80 m x 47 m atau sekitar 3.760 m2.

Pembangunan Graha PGIW Kepri ini membutuhkan rencana anggaran biaya sebesar Rp 12 miliar. "Saat ini, kita belum memiliki dana untuk membangun gedung Graha PGIW. Tetapi pada saat kebaktian terkumpul dana sekitar Rp 1,6 juta. Itulah dana awal untuk membangun Graha PGIW KEPRI dengan RAB sekitar Rp 12 miliar," ujar Djasarmen Purba.

Untuk tahap pertama, lanjut Dajasarmen, pembangunan struktur pondasi dibantu Pemprov Kepri sebesar Rp 1,5 miliar. "Semoga ke depan pemerintah Provinsi Kepri dan juga Kota Batam dapat membantu pembangunan gedung ini sampai selesai," tambah Djasarmen.

Untuk diketahui, PGIW Kepri adalah salah satu dari 5 lembaga Aras Kristen Protestan di Kepri. PGIW Kepri merupakan lembaga aras terbesar di Kepri. Mempunyai umat sekitar 170.000 jiwa dan 431 gereja/jemaat yang tersebar di seluruh Kepri.

Anggotanya sekarang 34 sinode gereja, antara lain: HKBP, HKI, GKPI, GKPS, GBKP, BNKP, GKI, GPIB, GMIT, GBI, Gereja Toraja, GKPA, dll.

Editor: Dardani