54 Ribu Warga Batam Calon Penerima BLT Masih Proses Verifikasi
Oleh : Aldy
Selasa | 04-10-2022 | 09:56 WIB
sekda_jefridin-hamid-01.jpg
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengatakan, sekitar 54 ribu kepala keluarga (KK) calon penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) masih dalam tahap proses verifikasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, proses verifikasi masih berjalan. Untuk menyelesaikan verifikasi, katanya, membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

"Awalnya kita menargetkan proses verifikasi bisa selesai 26 September lalu. Belum selesai. Memang butuh waktu lebih lama karena petugas harus memastikan alamat dan nama penerima sesuai," kata Jefridin, Senin (3/10/2022) sore.

Sekda Jefridin menambahkan, untuk proses penyaluran masih panjang. Setelah proses verifikasi selesai, proses selanjutnya yakni menunggu pencairan dana dari Pemerintah Provinsi Kepri ke Pemerintah Kota Batam. Sebab, penyaluran bantuan ini merupakan tugas gotong royong.

"Harus masuk dulu dananya ke kas daerah. Setelah itu baru ada tahap selanjutnya," ucapnya.

Berdasarkan data total penerima BLT dari provinsi adalah 54.624 KK, dengan rincian 39.397 KK akan disalurkan dari APBD Batam, sedangkan 15.227 KK akan dibantu dari Provinsi Kepri.

Sekda Jefridin melanjutkan, sejalan dengan proses verifikasi yang masih berlanjut, pihaknya juga menjalin komunikasi dengan PT Pos Indonesia Cabang Batam untuk penyaluran BLT tersebut. Dalam penyaluran BLT, tentu ada biaya operasional yang juga harus dipetakan, karena penyaluran melibatkan PT Pos Indonesia.

"Secepatnya kita upayakan untuk menyelesaikan tahap verifikasi ini, sehingga dalam waktu dekat ini, provinsi juga bisa segera mencairkan anggaran mereka ke kasda Batam. Sehingga proses penyaluran BLT bisa segera disalurkan," tutupnya.

Editor: Gokli