DPD HIMNI Kepri Daftarkan Pengurus dan Anggota Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Oleh : Aldy
Selasa | 27-09-2022 | 11:01 WIB
HIMNI-BPSTK.jpg
Kepala BPJSTK Batam, Seto Tjahjono menyerahkan kartu kepesertaan BPSJTK kepada Ketua DPD HIMNI Kepri, Utusan Saruhama, Senin (12/9/2022) malam di Gereja BNKP Filadelfia, Kavling Dapur 12, Sagulung. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Kepri, bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan, meluncurkan kartu kepesertaan kepada 40 orang pengurus dan anggota HIMNI Kepri.

Peluncuran kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara simbolis kepada pengurus DPD HIMNI Kepri di Gereja BNKP Filadelfia, Kavling Dapur 12, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Senin (26/9/2022) malam.

Ketua DPD HIMNI Provinsi Kepri, Utusan Sarumaha, menyampaikan, pengurus dan anggota paguyuban HIMNI merupakan pekerja sosial, untuk itu sebagai ketua paguyuban, dirinya terpanggil untuk memberikan perlindungan, baik dari segi kesehatan maupun perlindungan lainya saat pengurus paguyuban melaksanakan tugas sosialnya.

"Dengan didaftarkannya pengurus DPD HIMNI untuk BPJS Ketenagakerjaan diharapkan tidak ada lagi keluhan anggota dan pengurus, saat melakukan tugas. Kita semua tahu, bahwa tugas mereka tidak ringan dan resiko selalu menunggu," kata Utusan Sarumaha, usai peluncurkan kartu kepesertaan bersama Kepala BPJS-TK Batam.

Anggota Komisi l DPRD Batam ini, menjelaskan, di samaping memberikan perlindungan kepada pengurus, secara tidak langsung, pihaknya juga turut mensukseskan program pemerintah dalam hal ini BPJS ketenagakerjaan.

"Malam ini launching perdana 40 kartu BPJS-TK untuk pengurus DPD HIMNI Kepri. Setelah kita Muswil nanti, kita akan persiapkan 300 kartu lagi buat para pengurus dan anggota, doakan kami, semua iuran akan ditanggung oleh paguyuban DPD HIMNI Kepri," terang Utusan Sarumaha.

Utusan menambahkan, dengan keikutsertaan pengurus DPD HIMNI Kepri sebagai anggota BPJS-TK, merupakan suatu langkah antisipatif. Baginya banyak manfaat yang akan didapatkan setelah menjadi anggota BPJS-TK.

"Kita bukan meminta ada kecelakaan, atau mati. Namun ini sifatnya lebih kepada langkah antisipatif, apa yang terjadi kepada pengurus dalam melayani masyarakat, khususnya masyarakat HIMNI, tidak lagi menjadi beban paguyuban, akan tetapi dibebankan kepada BPJS-TK," ujarnya.

Sementara, Kepala BPJS-TK Batam, Seto Tjahjono, menyampaikan dirinya belum lama bertugas di Kota Batam, namun, sangat terkesan dan mengapresiasi masyarakat Batam yang heterogen dan bisa hidup berdampingan dan saling akur.

"Masyarakat di sini luar biasa, dari Sabang sampai Merauke, ada perwakilannya di Batam, dan semua akur," kata Seto Tjahjono.

Seto menguraikan, terkait manfaat dan jaminan BPJS-TK, negara menyediakan 5 program jaminan terhadap peserta BPJS-TK. Di antaranya, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilanagan Pekerjaan (JKP).

"Program jaminan pada BPJS-TK ini sangat bermanfaat, dengan iuran yang terbilang kecil. Namun, bisa mendapatkan banyak manfaat. Kami juga mengapresiasi DPD HIMNI Kepri, yang begitu perhatian kepada para pengurusnya. Sehingga mau bekerjasama dengan kami dalam hal perlindungan dan kesehatan," terangnya.

Editor: Gokli