Onward Siahaan Resmi Dikukuhkan sebagai Ketua DPW IKA USU Kepri
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 28-08-2022 | 17:32 WIB
IKA_USU_Kepri.jpg
Pengukuhan DPW IKA USU Kepri di Hotel Best Western Premier Panbil, Sabtu (27/8/2022) malam (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Onward Siahaan secara resmi dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masa bakti 2022-2026.

Onward Siahaan dikukuhkan oleh Ketua umum DPP IKA USU, Raden M Safi'i di Hotel Best Western Premier Panbil, Sabtu (27/8/2022) malam.

Dalam sambutannya, Onward mengatakan, sejumlah program akan segera dilaksanakannya. Ia mengaku memiliki berbagai program unggukan diantaranya mendorong kemitraan dengan UMKM dan industri di Kota Batam.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan mutu tenaga kerja juga merupakan program yang penting dalam kepemimpinanya. Karena itu, dia yakin dengan antusias dan keuletan para anggota IKA USU, bisa menjalankan program yang telah tersusun.

"Ketepatan malam ini pak Jhon Kenedy (Pemilik Kawasan Industri Panbil) hadir di acara ini, beliau juga yang memfasilitasi ruangan yang kami gunakan saat ini, kedepan kami berharap ada fasilitas khusus di Kawasan Industri Panbil agar kemitraan IKA USU bisa terealisasi," ujar Onward Siahaan.

Dalam kesempatan ini, Onward meminta kepada USU untuk memberikan jalur khusus kepada anak-anak Batam, khususnya yang berasal dari pulau-pulau sekitar Batam agar bisa kuliah di kampus kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu.

Sehingga anak-anak Batam, Kepri pada umumnya bisa mencicipi mengenyam pendidikan berkualiatas setingkat universitas di Kota Medan tersebut.

"Kita akan minta kepada kampus agar anak pulau disini mempunyai jalur khusus masuk ke USU. Selain itu kerjasama pemerintah daerah juga kita perluka. Kita akan lakukan MoU dengan Pemko Batam agar anak pulau disini bisa mendapatkan bea siswa untuk kuliah di USU," terang Onward Siahaan.

Sementara Ketua umum DPP IKA USU Raden M Safi'i dalam sambutannya mengatakan, IKA USU yang berdiri pada tahun 1952 telah melakukan perubahan AD/ART dalam periode kepemimpinannya. Ia telah menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan telah menjadikan IKA USU menjadi organisasi mandiri.

"Melalui Munas, kami menata ulang organisasi. Saat baru memulai penataan, kita semua dilanda pandemi covid-19, sehingga banyak program yang tertunda, dengan lahirnya sejumlah Ketua DPW, diharapkan Munas berikutnya, banyak program yang bisa terselesaikan," ujar Raden M Safi'i.

Politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Romo, menjelaskan salah satu tujuan IKA USU ini sejatinya untuk menjaga keguyuban antar sesama alumni. Yakni memberikan jalan kepada alumni untuk bersama-sama membangun negara. Sehingga IKA USU menjadi organisasi yang sangat strategis.

"Tidak bisa dipungkiri, kekuatan alumni dalam sebuah organisasi sangat penting, baik di swasta maupun di jajaran pemerintah dan birokrasi. Kedepan para Ketua DPW bisa memberikan manfaat yang positif bagi pembangunan bangsa, khususnya di wilayah Provinsi Kepri," pungkas Raden M Safi'i.

Editor: Surya