Sapma PP dan HIPMI Batam Bangkitkan Gairah UMKM Melalui Kegiatan Baksos
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 06-08-2022 | 17:48 WIB
baksos-sapma-pp1.jpg
Baksos Sapma PP bersama HIPMI Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Batam dalam Hipmi Fest 2022, yang digelar di Mall Botania 2.

Hipmi Fest 2022, yang berlangsung selama 3 hari (5-7 Agustus 2022) diisi berbagai kegiatan, mulai dari bakti sosial dan bazar, yang diharapkan bisa membangkitkan gairah anak muda milenial untuk berkontribusi terhadap bertumbuh-kembangnya UMKM.

Adapun stan bazar Sapma PP Batam diisi dengan kegiatan vaksinasi booster secara gratis, dan berbagai kegiatan lainnya. Untuk vaksinasi booster, bekerjasama dengan tim medis Lanal Batam dan Sera Clinik.

Ketua Bidang Ekonomi Koperasi dan UMKM, Fariono Ong, mengatakan, UMKM sendiri berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar 62 persen. Hal ini yang mendasari Satma PP untuk ikut berkontribusi dalam kebangkitan ekonomi Batam khususnya.

"Saya juga salah satu pelaku UMKM, dan ikut merasakan apabila ada pelaku usaha dari luar yang mempunyai modal besar dan melakukan kegiatan usaha secara jor-joran berimbas terhadap usaha kita. Untuk itu, dengan bersatunya para pelaku usaha kecil, ini bisa sama-sama kita atasi," ucap Fariono Ong, saat ditemui di stan bazar Sapma PP, Jumat (5/8/2022) sore.

Fariono yang juga sebagai ketua panitia, menjelaskan, banyak usaha UMKM Batam memiliki kualitas siap saing ke kancah nasional. Namun, kurangnya jembatan, perhatian, maupun support dari kalangan UMKM itu sendiri.

Dengan demikian, Sapma PP Kota Batam bekerja sama dengan Hipmi Batam ingin memberikan support terhadap UMKM agar bisa mendongkrak level kemajuan UMKM Batam ke skala nasional. Dengan jejaring Sapma PP dan Hipmi yang tersebar dari tinggat nasional hingga basis kota/kabupaten, sebagai putra/putri daerah pihaknya juga ingin berkontribusi untuk mengharumkan nama Kota Batam.

"Dengan ini mari kita bersama-sama sebagai masyarakat Batam, kita utamakan usaha-usaha atau brand lokal Batam terlebih dahulu kita support, dibanding usaha luar yang sudah besar," pinta Fariono Ong.

Sementara Ketua Sapma PP Kota Batam, Yoga Pranswara, menyampaikan, secara struktural Satma PP terdiri dari 16 bidang. Pihaknya menfasilitasi masing-masing bidang untuk menjalankan programnya. Pada event kali ini, program bidang ekonomi, koperasi dan UMKM juga menghadirkan pangkas rambut gratis dari Sir Salon serta Starsbox.

"Kami bersama ketua bidang kesehatan, Bung Kurnia Habibie, juga melakukan kegiatan cek kesehatan gula darah gratis dan vaksinasi booster. Kita juga bekerjasama dengan BPC HIPMI Batam, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, FPS selaku relawan medis, Serra Clinic serta Yayasan Esa Juang Indonesia," kata Yoga.

Wakil Sekretaris, Bryan Manuel Nainggolan, menambahkan, kreativitas anak muda bisa disalurkan melalui Sapma PP. Sebagai bagian kaum milenial, Sapma PP tidak hanya terfokus pada pelajar dan mahasiswa. Tetapi siap menampung inspirasi maupun aspirasi anak muda Batam untuk berkreasi, terlebih di bagain sosial dan UMKM.

"Saya ingin membuka ruang untuk teman-teman bidang, menjalankan program kerjanya dan saya berikan keleluasaan kepada mereka untuk tampil dan mengambil momentum itu. Karena pada hakikatnya, di sinilah kita membentuk jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab itu sendiri," imbuh Yoga.

Sementara Kepala Kesehatan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Letda Laut (K) drg Esra Prasetyo, mengatakan, pihaknya siap membantu kegiatan sosial khususya di bidang kesehatan.

"Kita sangat mengapresiasi semangat pemuda/i Kota Batam yang tidak pernah padam demi terwujudnya Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Untuk itu kita selalu support mereka terlebih dalam bidang kesehatan," kata Esra Prasetyo.

Editor: Yudha