Pembukaan Batam-Johor Tourism, Rudi: Kita Negeri Serumpun Wajib Saling Promosi
Oleh : Aldy Daeng
Jum\'at | 01-07-2022 | 19:24 WIB
batam-johor-tourism1.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menghadiri acara Promosi Pariwisata Batam-Johor di Nagoya Hill. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Promosi wisata antara Batam dan Johor Malaysia, dikemas dalam sebuah promosi pariwisata dan kesehatan, kerjasama antara Assosiasi pariwisata bahari Indonesia (Aspabri) Kepri dengan Johor Tourism Interchange launching hari ini di Nagoya Hill Mall Batam.

Wali Kota Batam mengatakan dengan saling berpromosi antara Batam dan Johor, diharapkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) asal Johor bisa meningkat. Hal ini seiring dengan dibukanya pintu masuk, serta penambahan jadwal pelayaran Batam-Johor.

"Kita ini Negeri Serumpun, Wajib saling mempromosikan, saya juga akan mempromosikan Batam, saat ini maju, berbeda dengan Batam 5 atau 10 tahun yang lalu," ucap Rudi saat menghadiri acara Promosi Pariwisata Batam-Johor di Nagoya Hill, Jumat (1/7/2022).

Rudi menyebutkan selama dua bulan terakhir masyarakat kembali bisa menikmati perjalanan ke luar Batam melalui pelabuhan internasional. Meskipun jumlah wisman yang masuk masih belum normal, dengan normalnya jadwal pelayaran diharapkan bisa mendongkrak angka kunjungan hingga akhir tahun ini.

"Pariwisata menjadi salah satu penyumbang PAD dalam membangun Kota Batam. Untuk itu angka kunjungan ini diharapkan bisa terus menunjukkan tren positif," kata Rudi.

Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala BP Batam ini melanjutkan, beberapa permasalahan warga Batam terutama di bagian Imigrasi Johor akan dibicarakan bersama untuk meningkatkan sektor pariwisata.

"Jika di Johor bagus, maka di Batam juga harus bagus. Sambil berjalannya waktu, jika nanti ada masalah akan kita dudukkan bersama dan carikan solusi termasuk di Imigrasi nantinya," sebut politisi Nasdem ini.

Pengurus Jawatan Pelancong, Alam sekitar, dan Warisan Budaya Negri Johor, Raven Khumar mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam yang sudah memberikan kesempatan untuk berpromosi.

Raven Khumar menyebutkan, hampir semua tempat dan destinasi wisata yang ada di Malaysia hadir dalam acara promosi Johor-Batam, baginya ini merupakan kerjasama yang baik, dari segi pariwisata maupun kesehatan. Selama ini baik Batam maupun Johor menutup pintu masuk dan keluar akibat Pandemi Covid-19.

"Saya baru pertama kali ke Batam, akan tetapi saya melihat Batam merupakan kota yang istimewa," ucap Raven Khumar.

Namun sekarang, lanjut Khumar, kondisi sudah membaik di Batam maupun di Johor, meskipun belum kembali normal seperti saat sebelum pandemi covid-19, akan tetapi saat ini sudah mulai terlihat antrean wisman di pelabuhan. Ia mengharapkan ke depan ada keuntungan bagi Batam dan Johor terutama dari segi pariwisata dan juga kesehatan tentunya.

Pemerintah Johor ingin menunjukkan komitmen membangkitkan kembali sektor pariwisata serta kunjungan warga Batam untuk berwisata pelesiran maupun wisata kesehatan.

"Johor serius dengan promosi kedua negara. Ada banyak hal yang didapatkan dari promosi ini, dengan adanya acara seperti ini, persahabatan dan kerjasama bisa lebih erat. Hari ini sudah dibuka bebas, kedatangan kapal tidak lagi di tanggal ganjil, sudah dibuka menyeluruh," jelas Raven Khumar.

Sementara, Ketua Aspabri Kepri Surya Wijaya mengatakan, sebuah perjuangan untuk mempromosikan pariwisata Batam dan diapresiasi oleh tim Johor Tourism.

"Sebagai kota Mice, pariwisata Batam sangat bisa bangkit kembali paska pandemi covid-19, hari mereka yang mempromosikan wisatanya di sini. Lain waktu kita akan promosikan Batam secara luas di Johor, makanya besar harapan kami agar acara ini bisa sukses, mereka merasa puas berpromosi di Batam," jelas Surya Wijaya.

Surya menambahkan, selain promosi dari Johor Malaysia, sejumlah stan pameran juga diisi oleh para pelaku UMKM Batam. "Para pelaku usaha di Batam juga kita libatkan disini, mereka bisa mempromosikan produknya, selain itu pelaku usaha yang di Nagoya hill juga merasakan dampak positifnya, belum lagi tingkat hunian hotel, pastinya sangat berpengaruh," tutup Surya Wijaya.

Acara Batam - Johor Tourism dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 1-3 Juli 2022, acara pembukaan dihadiri langsung oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, Ketua Aspabri Kepri, Surya Wijaya, Pengurusi jawatan pelancong alam sekitar warisan budaya Negri Johor, Raven Khumar, Pengurusi Jawatan kuasa kesihatan dan perpaduan Negri Johor, Lian Tian Soon.

Editor: Yudha