Menkominfo Imbau Masyarakat Indonesia Segera Ikuti Transformasi TV Analog ke Digital
Oleh : Putra Gema
Senin | 27-06-2022 | 13:00 WIB
Aso-2024.jpg
Menteri Kominfo, Johnny G Plate, saat meninjau lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Kawasan Nongsa, Kota Batam, Jumat (24/6/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate kembali mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti migrasi televisi analog ke televisi digital.

Johnny mengatakan, tahap I program Analogh Switch Off (ASO) atau migrasi siaran televisi analog menuju siaran televisi digital di Indonesia telah berlangsung dan segera memasuki tahap II.

Dengan begitu, dia kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau (Kepri) untuk segera beralih ke siaran televisi digital. "Untuk keseluruhan, siaran televisi analog akan berakhir pada November 2024 mendatang dan diharapkan seluruh masyarakat agar dapat mengikuti transformasi digital ini," kata Johnny saat melakukan kunker di Kota Batam, Jumat (24/6/2022).

Dijelaskannya pada tahap pertama ini, pemerintah telah membagikan 31.815 Set Top Box (STB) kepada masyarakat kurang mampu di Kepri. STB ini berfungsi sebagai alat penangkap sinyal TV digital untuk TV yang masih analog.

"Bantuan ini kami berikan secara gratis yang telah terdata di Kementerian Sosial. Untuk masyarakat mampu dapat membeli STB di toko terdekat dengan harga yang sangat terjangkau dan yang telah tersertefikasi Kominfo RI," tegasnya.

Sebagaimana diketahui pada tahap I, sebanyak 31.815 STB telah disalurkan ke masyarakat kurang mampu di Kepri meliputi empat daerah Kabupaten/Kota, yakni Tanjungpinang 4.836 STB, Batam 19.638 STB, Bintan 3.047 STB, dan Karimun 4300 STB.

Sedangkan untuk tiga kabupaten/kota lainnya seperti, Anambas, Lingga dan Natuna masuk ke dalam pembagian STB tahap II.

Editor: Gokli