Pemerintah Mulai Terapkan ASO Tahap II pada Agustus Mendatang
Oleh : Putra Gema
Senin | 27-06-2022 | 12:28 WIB
Jhonny-Kominfo.jpg
Menteri Kominfo, Johnny G Plate, saat meninjau lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Kawasan Nongsa, Kota Batam, Jumat (24/6/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program Analogh Switch Off (ASO) atau migrasi siaran televisi analog menuju siaran televisi digital di Indonesia segera memasuki tahap kedua.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ketika melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Jumat (24/6/2022) lalu, mengatakan  pelaksanaan ASO tahap kedua dilaksanakan pada 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga 2 November 2022.

Johnny mengingatkan agar semua pihak yang berkepentingan dalam akselerasi pelaksanaan ASO terus memaksimalkan koordinasi antarpihak sesuai amanat perundangan. "Akurasi data penerima bantuan Set Top Box (STB) benar-benar menjadi perhatian utama semua pihak berkepentingan. Jadi saya minta untuk semua dinas yang terlibat untuk menyiapkan dan memastikan akurasi data penerima bantuan," kata Johnny.

STB, lanjut Johnny, merupakan perangkat yang digunakan sebagai alat penangkap sinyal TV digital untuk TV yang masih analog. Pemerintah menyediakan perangkat STB secara gratis bagi masyarakat kurang mampu agar dapat menerima layanan siaran televisi digital.

"Pelaksanaan pembagian STB tahap 2 (ASO tahap II) juga akan berjalan tepat waktu dan akan berakhir pada bulan November 2022. Jadi kita akan betul-betul menerapkan transformasi digital ini," tegasnya.

Sebagaimana diketahui pada tahap I, sebanyak 31.815 STB telah disalurkan ke masyarakat kurang mampu di Kepri meliputi empat daerah Kabupaten/Kota, yakni Tanjungpinang 4.836 STB, Batam 19.638 STB, Bintan 3.047 STB, dan Karimun 4300 STB.

Sedangkan untuk tiga kabupaten/kota lainnya seperti, Anambas, Lingga dan Natuna masuk ke dalam pembagian STB tahap II.

Editor: Gokli