Kunjungi Lapas Batam, Wamenkumham: Program Pembinaan Sudah Cukup Optimal
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 16-06-2022 | 10:36 WIB
Wamen-EDDY-Lapas-BTM.jpg
Wamenkumham RI, Eddy OS Hiariej saat meninjau Program Pembinaan Kemandirian dan Kepribadian di Lapas Kelas IIA Batam, Rabu (15/6/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiriaej mengunjungi seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Batam, Rabu (15/6/2022). Salah satunya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam.

Hal itu dalam rangka pemantauan perkembangan pembinaan kemandirian dan kepribadian di Lapas Batam, sebagai bekal kelak nanti para narapidana kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Dalam kunjunganya, Wamenkumham didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Saffar Muhammad Godam, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kepulauan Riau Dwinastiti H, yang disambut langsung Plt Kalapas Kelas IIA Batam, Novriadi dan pejabat struktural Lapas Batam.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Wamen Eddy melihat program pembinaan kemandirian secara langsung serta hasil yang didapatkan dari program pembinaan tersebut.

"Tadi saya sempat melihat beberapa pembinaan kemandirian, seperti kerajinan kayu, pembuatan roti dan tempe. Kemudian ada melukis dan pembuatan prata dan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi narapidana. Pembinaan yang dilakukan Lapas Batam kepada narapidana cukup optimal," ujar Wamen Eddy di sela-sela kunjunganya.

Eddy berharap dengan pembinanan yang cukup optimal, Lapas Batam dapat terus meningkatkan kinerja yang profesional dan dapat memperoleh predikat WBK. "Suasana di Lapas nyaman tertib dan teratur. Saya harap pembinaan narapidana terus dapat ditingkatkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi narapidana ketika selesai menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat," ujarnya.

Di akhir kunjungan, Wamen Eddy memantau blok lansia, ruang perawatan kesehatan dan proses penyajian makanan yang ada di Lapas Batam.

Editor: Gokli