Musim Pancaroba, Pasokan Ikan di Batam Berkurang
Oleh : Aldy
Kamis | 19-05-2022 | 16:20 WIB
ikan-langka.jpg
Pasokan ikan di Pasar Mitra Raya, Batam Center, menurun akibat cuaca tak menentu, Kamis (19/5/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasokan ikan di pasar wilayah Kota Batam, mengalami penurunan, sejak beberapa hari terakhir. Hal ini, disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu.

Kondisi ini jelas berpengaruh terharap kenaikan harga. Kendati tidak signifikan, namun dampaknya bagi masyarakat cukup terasa.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Mitra Raya, Batam Center, Jhoni menyampaikan, pasokan ikan ke pasar menurun sejak libur lebaran. Kemungkinan, nelayan saat itu banyak yang tidak melaut.

"Tetapi setelah habis libur lebaran, cuaca malah tidak menentu, ini juga berpengarus besar terhadap pasokan ikan di pasar," ungkap Jhoni, Kamis (19/5/2022).

"Kondisi seperti ini jelas berpengaruh terhadap harga, otomatis jadi mahal. Hal ini tidak bisa kita elakkan," imbuhnya.

Pantauan di Pasar Mitra Raya, Batam Center, harga ikan lebam mencapai Rp 65 ribu per kilogram untuk ukuran 4 ekor dalam satu kilogram, sebelumnya ikan tersebut di harga Rp 50 ribu per kilogram.

Kemudian harga undang ukuran besar naik Rp 10 - 15 ribu per kilogram. Saat ini, harga udang kisaran Rp 70 - 110 ribu per kilogram, tergantung ukurannya. "Ikan aga naik harga sekarang ini. Kalau udang rata-rata udang tambak dari Barelang, naik juga harganya, tapi tidak terlalu tinggi," jelas Jhoni.

Sementara harga sotong masih relatif normal. Saat ini sotong ukuran besar Rp 75 ribu per kilogram, sebelumnya saat lebaran bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram, bahkan bisa lebih.

Editor: Gokli