BMKG Perkirakan Batam Diguyur Hujan Hinga Beberapa Hari ke Depan
Oleh : Paskalis RH
Senin | 16-05-2022 | 14:08 WIB
prakiraan_cuaca-batam-hujan-oo1122.jpg
Prakiraan cuaca Batam beberapa hari ke depan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan hujan dan angin kencang masih terus melanda wilayah Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam, hingga beberapa hari ke depan.

Forcaster BMKG Batam, Fitri Annisa, menyampaikan, kondisi cuaca di wilayah Kepri, khususnya Kota Batam, diprakirakan masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi ini, kata dia, disebabkan terdapatnya shearline di sekitar wilayah Kepulauan Riau menyebabkan adanya pengumpulan massa udara sehingga menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

"Secara umum, kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan masih terjadi potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Fitri melalui keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Wilayah Kepri yang masih berpotensi dilanda hujan, kata dia, terdiri dari Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan serta Kabupaten Anambas dan dapat meluas ke wilayah lainnya.

"Khusus untuk Kota Batam, potensi hujan sedang hingga lebat masih terus melanda hampir seluruh wilayah Kota Batam," ujarnya.

Cuaca seperti ini, kata dia, disebabkan pola angin di atas wilayah Perairan Kalimantan Barat, di Utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari Selatan hingga Barat dan di Selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar antara 1 sampai 15 knots (1 sampai 4 skala beaufort).

Dengan pola angin seperti itu, lanjutnya, mengakibatkan tinggi gelombang di beberapa perairan, yakni Perairan selatan Kepulauan Anambas, Perairan barat Kepulauan Natuna, Perairan Kepualaun Subi - Serasan, Perairan Sambas bagian utara mencapai 2,5 - 4,0 meter.

"Wilayah perairan yang paling tinggi gelombang adalah Laut Natuna Utara hingga Perairan utara Kepulauan Natuna. Tinggi gelombang di wilayah itu mencapai 4,0 - 6.0 meter," kelas Annisa.

Annisa pun mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

"Khusus bagi masyarakat Natuna yang hendak bepergian menggunakan transportasi laut agar selalu waspada dan berhati-hati. Sebab, potensi gelombang di Perairan tersebut diperkirakan mencapai ketinggian 4,0 hingga 6,0 meter," pungkasnya.

Editor: Yudha