STIT Muhammadiyah Batam Gelar Lomba Bahasa Arab, Arjal: Ikhtiar Membumikan Bahasa Quran
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 16-04-2022 | 13:36 WIB
A-LOMBA-BHS-ARAB.jpg
Sekolah Tinggi Tarbiyah (STIT) Internasional Muhammadiyah Kota Batam mengelar lomba Akademi Bahasa Arab (AKBAR). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Tinggi Tarbiyah (STIT) Internasional Muhammadiyah Kota Batam mengelar lomba Akademi Bahasa Arab (AKBAR) yang melibatkan peserta tingkat MA/SMA sederajat se-Provinsi Kepri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus STIT Muhammadiyah Batam, Sabtu (16/4/2022).

Ketua STIT Internasional Muhammadiyah Batam, Arifuddin Jalil mengatakan, Ramadhan ini pihaknya menggelar lomba akademi bahasa Arab untuk para siswa/siswa SMA/MA sederajat, demi mendorong generasi muda belajar dan memahami bahasa Alquran. Sebagai ikhtiar Kampus Muhammadiyah Batam membumikan Bahasa Arab.

"Ini ikhtiar membumikan bahasa Al-quran dan mimpi kami (STIT Internasional Muhammadiyah Batam) generasi ke depan memahami bahasa akhirat," ungkap Bang Arjal, sapaan akrab Arufuddin Jalil.

Lanjutnya, bahasa Arab sangat penting untuk umat Islam, karena ibadah sholat dan ibadah lainnya wajib menggunakan bahasa Arab. Bagaimana bisa sholat khusu' jika tidak memahami arti bacaan. Maka belajar bahasa arab lebih utama dibandingkan bahasa lainnya untuk umat Islam lebih khusu' beribadah.

"Ini tanggung jawab moral kita, agar generasi saat ini tidak hanya jago bahasa Inggris, tapi juga mampu menguasai bahasa Arab. Ini komitmen kamus STIT Muhammadiyah Batam," ujarnya.

Arjal juga menyampaikan, hadirnya STIT Muhammadiyah di Batam untuk membantu pemerintah dalam mendidik dan mensyiarkan Islam, yang Insya Allah lulusan Sekolah Tarbiyah Muhammadiyah pertama di Batam itu akan mencetak para mubaligh.

Asisten I Pemerintah Kota Batam, Yusfa Hendri yang hadir menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan lomba bahasa Arab, yang bisa meningkatkan wawasan keagamaan dan menjadikan generasi muda bisa bersaing di dunia industri pariwisata. Di mana kemampuan menguasai bahasa asing sangat penting untuk pariwisata.

Yusfa juga menyampaikan, program kerja pemerintah kota Batam yang terus membangun Batam dari semua bidang, mulai dari pembangunan infrastruktur jalan, rumah ibadah dan fasilitas sosial lainnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batam, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Batam, Badan Pengurus Harian (BPH) STIT Internasional Muhammadiyah dan Ketua STIKOM Muhammadiyah serta mitra kerja STIT Muhammadiyah dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Batam yang dipenghujung acara pembukaan dilangsungkan tanda-tangan kerja sama.

Editor: Dardani