Jalin Kemitraan, Pemuda Katolik Kepri Sambangi Kantor Ombudsman
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 09-04-2022 | 10:32 WIB
pemuda_katolik-ombusman-001122.jpg
Pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri di Kantor Ombudsman Kepri. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepulauan Riau di bawah pimpinan DR Vandarones Purba menyambangi kantor Ombudsman Kepri di Gedung Graha Pena, Batam Center, Jum'at (8/4/2022).

Kunjungan Pemuda Katolik kali ini merupakan kunjungan perdana ke institusi pemerintahan non-struktural pasca-pelantikan pengurus baru masa bakti 2022-2025.

Rombongan Pemuda Katolik Kepri diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri DR Lagat Parroha Siadari, yang didamping jajaran yang membidangi penerima laporan, bidang analisis dan pencegahan.

Vanda, begitu Vandarones akrab disapa, mengatakan, pertemuan tersebut adalah dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus diskusi penjajakan kerjasama strategis yang dapat dikolaborasikan ke depan.

Ombudsman adalah lembaga yang bertugas menerima laporan keluhan-keluhan dari masyarakat terhadap kinerja pemerintah atas berbagai pelayanan publik dan membantu penyelesaiannya, juga sekaligus sebagai lembaga yang bertugas melakukan pencegahan atas timbulnya mal administrasi pelayanan publik.

"Tugas Ombudsman sangat penting dan strategis. Untuk itu butuh kemitraan dan jaringan dari seluruh komponen masyarakat agar mampu mengontrol kinerja pelayanan publik agar bekerja dengan maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat luas," ujar Vanda.

Dalam pertemuan tersebut, Pemuda Katolik Kepri berniat menjalin kemitraan yang baik dengan Ombudsman, sebagaimana tugas Pemuda Katolik yang siap bersinergi demi gereja dan negara.

Oleh karena itu, Pemuda Katolik selain bertanggung jawab secara internal terhadap kondisi dan eksistensi gereja, juga harus membangun sinergitas dan kerja-kerja kolaboratif dengan berbagai elemen-elemen kelembagaan negara maupun organisasi lainnya, dalam rangka membantu pengawasan dan pelayanan publik yang lebih baik.

"Pemuda Katolik Komda Kepri siap mendukung dan menjadi mitra strategis Ombudsman. Kami siap dilatih agar punya kapasitas dalam membantu pengawasan kinerja pelayanan publik, agar terciptanya perbaikan pelayanan publik yang ada di masyarakat," ungkap Vanda.

"Harapan dan tanggung jawab sosial Ombudsman Kepri siap dibagikan kepada Pemuda Katolik, dan Pemuda Katolik Komda Kepri siap berkolaborasi, kendati tanpa bayaran," ucap Vanda dengan tegas, sebab sudah sejatinya Pemuda Katolik menjadi mitra bagi lembaga-lembaga yang membutuhkan bantuan dari Pemuda Katolik, agar terwujud tatanan pelayan yang reformatif kedepannya.

Pertemuan Silaturahmi ini diharapkan tidak terhenti sampai disini, namun keberlanjutan yang dapat dikemas sebagai program bersama, boleh dalam bentuk diskusi informal maupun FGD, agar dapat diambil langkah kongkrit dimasa yang akan datang.

"Pemuda Katolik Komda Kepri siap berpartisipasi menjalankan fungsi partisipasi masyarakat dalam mendorong terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik," tutup Vanda.

Editor: Yudha