Hari Perempuan Internasional, Nina Mellanie Tegaskan Pentingnya Kesetaraan Gender
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 09-03-2022 | 13:56 WIB
Nina-Mellanie1.jpg
Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Nina Mellanie. (Aldy Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum Peringatan Hari Perempuan Internasional, Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Nina Mellanie menekankan pentingnya kesetaraan gender. Saat ini perempuan Indonesia, khususnya di Batam, sudah menunjukkan kiprahnya hampir di semua lini.

"Momentum seperti ini kita manfaatkan untuk lebih memberdayakan perempuan, sekarang ini kiprah perempuan sudah ada hampir di semua lini. Tidak hanya di bidang pendidikan dan kesehatan, di dunia politik pun kaum perempuan sudah menunjukkan kebolehannya, namun tidak melupakan kodratnya sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya," ucap Nina Mellanie saat ditemui di ruanga kerjanya, Selasa (8/3/2022).

Ia melanjutkan, peringatan Hari Perempuan Internasional harus jadi momentum pemberdayaan kaum perempuan tidak hanya dilaksanakan secara seremonial belaka, namun apa yang akan kita perbuat untuk memberdayakan kaum perempuan di Batam khususnya.

Saat ini sudah ada sekitar 400 orang tergabung dalam pelatihan pemberdayaan perempuan, 200 orang di antaranya difokuskan pada usaha UMKM dan strategi pemasaran.

"Porsi saya sebagai anggota DPRD Batam, kami sudah melakukan beberapa kegiatan pelatihan pemberdayaan kaum perempuan, misalanya pelatihan tata boga, tata rias dan peningkatan pengelolaan UMKM, suara dan aspirasi kaum perempuan akan kita realisasikan melalui dana APBD," ungkap Nina.

Kemudian, pada saat anggota DPRD Batam melakukan reses, beberapa pokok pikiran (Pokir) yang diterima dari masyarakat, mayoritas usulan-usulan dari kaum perempuan, terlapas dari usulan bidang infrastruktur.

"Lebih banyak usulan para ibu-ibu disaat kami reses, mulai dari kegiatan pelatihan hingga bisnis rumahan, kalau kaum laki-laki biasanya infrastruktur saja," terangnya.

Politisi partai Golkar ini melanjutkan, terkait dengan kekerasan rumah tangga dan kekerasan terhadap anak, Nina Mellanie mengatakan, komisi IV DPRD Batam meminta kepada seluruh masyarakat, bila tidak menemukan solusi dalam permasalahan kekerasan rumah tangga dan anak, mempersilahkan untuk hal tersebut ke komisi IV.

"Kami sarankan kepada seluruh masyarakat, bila mendapati kekerasan rumah tangga dan anak, namun belum mendapatkan solusi, komisi IV DPRD Batam terbuka lebar bagi masyarakat untuk mencarikan solusi, kami akan hadirkan instansi terkait dalam hal itu," pungkas Nina.

Editor: Yudha