Miris, Terminal Pelabuhan Pancung Sekupang Terbengkalai dan Tak Terurus
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 17-11-2021 | 12:39 WIB
terminal-pancung1.jpg
Kondisi terminal Pelabuhan Pancung Sekupang. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terminal Pelabuhan Pancung Sekupang terlihat tidak terurus. Satu persatu bangunan dua lantai itu mulai keropos.

Mirisnya, lantai dua terminal tidak pernah dipergunakan sebagai lahan parkir dan pos kantor Dinas Perhubungan (Dishub). Hal ini membuat gedung tersebut kumuh dan tidak terurus. Padahal terminal tersebut dibangun menggunakan anggaran yang cukup besar melalui APBD Batam pada tahun 2015.

"Sejak diresmikan lantai dua terminal tidak pernah dipergunakan. Kemaren rencana mau dijadikan lahan parkir kendaraan roda dua bagi warga Belakangpadang. Tapi tidak tau kenapa sampai sekarang tidak berfungsi," ujar Wan Darwin, warga Belakang Padang, Selasa (16/11/2021).

Dari pantauan, terminal lantai dua itu tampak ditutup menggunakan pagar besi. Warga Belakangpadang yang ingin menitipkan kendaraannya diparkir disamping kanan terminal.

Warga berharap lantai dua gedung terminal itu dapat difungsikan sebagai lahan parkir. Agar kendaraan roda dua yang dititip dengan waktu lama tidak terkena hujan dan aman.

"Kami berharap lantai dua bisa berfungsi sesuai perencanaan awal. Banyak warga yang meninggalkan kendaraan dengan waktu yang cukup lama di parkiran terbuka. Tapi kondisi saat ini cuaca sering hujan, kendaraan kalau diparkir begitu lama juga akan rusak," kata Rio warga lainya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Salim membenarkan kondisi lantai dua terminal Pelabuhan Pancung masih belum dipergunakan. Pihaknya mengaku akan mengecek fasilitas umum seperti halte, pelabuhan dan lainnya.

"Kami akan turun kelapangan mengecek seluruh fasilitas yang ada. Kami akan cari permasalahan yang ada di sana," ujar Salim saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Editor: Yudha