Pelabuhan Internasional Masih Tutup, Pelabuhan Domestik Sekupang Berangsur Normal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 16-11-2021 | 11:56 WIB
Syahbandar-Samosir1.jpg
Kepala Syabandar Pos Sekupang, Parsaoran Samosir. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga kini belum ada aktivitas keberangkatan maupun kedatangan penumpang dari luar negeri di Pelabuhan Internasional Sekupang akibat pandemi Covid-19.

"Pelabuhan Internasional Sekupang masih tutup, tidak ada aktivitas penumpang. Pintu masuk dari negara tetangga di Pelabuhan Internasional Batam Center, itupun pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI)," ujar Kepala Syabandar Pos Sekupang, Parsaoran Samosir, Selasa (16/11/2021) pagi.

Ia berharap situasi pendemi Covid-19 bisa terus membaik, sehingga aktivitas di Pelabuhan Internasioal Sekupang kembali normal.

Sementara itu, Parsaoran menuturkan, untuk Pelabuhan Domestik Sekupang berangsur normal. Masih ada 13 sampai 18 kapal antar kota maupun provinsi yang berangkat setiap harinya. Seperti keberangkatan Batam-Tanjungbalai-Buton-Moto-Selat Panjang dan lainnya.

"Masih berjalan normal untuk domestik," ujarnya.

Dari rekap penumpang sejak Jumat-Minggu 12-14 November 2021, jumlah ke keberangkatan penumpang sebanyak 3.629 orang dan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 3.587 jiwa.

"Jumlah penumpang berangsur membaik. Jumlah penumpang sesuai peraturan 75 persen dari kapasitas kapal. Kita tetap melakukan pengecekan sebelum kapal diberangkatkan," pungkasnya.

Edito: Yudha