Cuaca Ekstrem, Polsek Sagulung Ingatkan Nelayan dan Penambang Boat Pancung Waspada
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 16-11-2021 | 10:20 WIB
niki11.jpg
Kapolsek Sagulung Iptu M Darma Ardiyaniki. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini menjadi fokus perhatian jajaran Polsek Sagulung.

Melalui Bhabinkamtibmas, Polsek Sagulung mengingatkan masyarakat khususnya nelayan dan penambang pancung boat yang ada di wilayah hukum Mapolsek Sagulung untuk meningkatkan kewaspadaan saat berlayar. Perlengkapan keamanan seperti life jacket dan alat penerang harus ada sebagai upaya antisipasi.

"Life jaket harus ada di kapal. Harus diantisipasi untuk hal-hal seperti ini. Kalau berlayar malam, usahakan ada lampu penerang yang mencukupi," ujar Kapolsek Sagulung Iptu M Darma Ardiyaniki, Selasa (16/11/2021).

Peringatan ini disampaikan secara serius oleh jajaran Polsek Sagulung sebab belakangan, nelayan ataupun penambang pancung boat mulai mengabaikan alat keamanan saat berlayar.

"Jangan berpikir bahwa berlayar dengan jarak yang pendek tak perlu alat pengaman. Sejauh apapun berlayar tetap harus ada upaya antisipasi apalagi ditengah cuaca yang cukup ekstrem ini," ujarnya.

Di wilayah hukum Polsek Sagulung ada sejumlah pelabuhan rakyat yang menjadi akses penyebaran masyarakat dari pulau-pulau terdekat seperti pelabuhan Sagulung, Dapur 12 dan pelabuhan-pelabuhan rakyat lainnya.

Niki berharap agar ini jadi perhatian serius nelayan ataupun siapa saja yang melakukan aktifitas berlayar agar jangan mengabaikan alat peraga keamanan saat berlayar.

"Anggota kita akan rutin melakukan pengawasan dan sosialisasi di lapangan supaya aktifitas pelayaran tetap aman dan lancar," ujar Niki.

Editor: Yudha