Tampil Gagah, 9 Napi Lapas Batam Jadi Paskibra Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 11-11-2021 | 09:10 WIB
napi-paskibra1.jpg
Napi Lapas Batam jadi petugas paskibraka Upacara Peringatan Hari Pahlawan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sembilan orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam menjadi pasukan pengibar bendera (paskibra) pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Keterampilan warga binaan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan kepribadian yang diberikan Lapas Batam kepada warga binaan.

"Selama berada di lapas, narapidana tidak hanya duduk diam menghabiskan masa tahanannya. Disini, mereka mendapatkan pembinaan yang salah satunya pelatihan baris-berbaris (PBB) yang berguna untuk menjadi pasukan paskibra pada kegiatan upacara," ujar Dannie Firmansyah, Kalapas Batam, Kamis (11/11/2021).

Upacara peringatan Hari Pahlawan digelar serentak pada Rabu (10/11/21) kemarin oleh seluruh satker Kemenkumham Republik Indonesia. Kalapas Batam bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanat, beliau membacakan sambutan Menteri Sosial RI. "Peringatan hari Pahlawan harus menjadi contoh untuk menyatukan tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak peduli akan keterbatasan demi mempertahakan tegaknya kedaulatan NKRI.

Selaras dalam peringatan hari Pahlawan tahun 2021, Paskibra WBP Lapas Batam telah menjadi contoh bahwa walaupun raga terbatasi ruang geraknya, para warga binaan tetap dapat mengembangkan minat dan bakatnya yaitu menjadi paskibra.

Terlibat sebagai seorang paskibra, dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

"Hal positif inilah yang harus diberikan kepada warga binaan agar setelah bebas nanti mereka tidak mengulangi perbuatannya," pungkasnya.

Editor: Yudha