Peringati Hari Pahlawan, LVRI Batam Gelar Upacara dan Tabur Bunga di TMP Pusara Bhakti
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 10-11-2021 | 16:04 WIB
hari-pahlawan-btm.jpg
LVRI Batam saat tabur bungan di TMP Pusara Bhakti Bulan Gelang, Batuaji, Rabu (10/11/2021). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam bersama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, dan Dinas Sosial (Dinsos) menggelar upacara penghormatan serta ziarah Tahir Bunga di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, Jalan Letjend Suprapto, Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji, Rabu (10/11/2021) pukul 10.00 WIB.

Upacara ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin langsung Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batam, Puteri Kaligis (79).

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, pembacaan amanat pahlawan nasional dan diakhiri dengan doa kemudian tabur bunga di makam para pahlawan.

"Setiap perjuangan pahlawan perlu terus dikenang oleh kita semua. Apa yang telah dilakukan oleh pahlawan kita, kiranya dapat menginspirasi kita semua," ucap Puteri Kaligis yang lahir di Denpasar Bali, tepat dalam perang Asia Timur 1942.

Ia berharap, Bangsa Indonesia tetap bisa melahirkan pahlawan-pahlawan untuk tetap mempertahankan NKRI dan juga membangun serta bisa mengimbangi negara maju di dunia. "Untun generasi muda, harus mewarisi nilai-nilai kejuangan, karena ini menjadi bekal pengabdian kepada bangsa dan negara. Generasi muda harus terus maju akhlak, maju akademis dan maju visiknya untuk membangun negri tercinta," harap Puteri.

Di lokasi yang sama Kepala Kesbangpol, Batam, Riama Manurung mengatakan, sudah sepantasnya generasi yang hidup di era kemerdekaan ini menghormati dan meneladani nilai-nilai kejuangan dan perjuangan dari para pendahulu, khususnya pejuang kemerdekaan.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Pemerintah Kota Batam berharap semua masyarakat tidak melupakan sejarah para pahlawan bangsa.

"Tolong perhatikan Legiun Veteran terutama anak-anak muda, yang masyarakat nikmati hari ini hasil dari perjuangan beliau-beliau. Jangan lupakan para Legiun Veteran. Sapa, jenguk atau paling tidak doakan belian agar tetap diberikan kesehatan. Dan yang sudah berpulang, Allah ampuni dosa-dosanya dan ditempatkan yang layak di sisi Allah atas perjuang beliau," pungkas Riama.

Editor: Gokli