Kerusakan Hutan Mangrove di Sei Nayon Bengkong Kian Meluas Akibat Penimbunan
Oleh : Putra Gema
Rabu | 03-11-2021 | 18:14 WIB
sei-nayon-mangrove.jpg
Hutan mangrove di alur sungai Sei Nayon, Bengkong Sadai, Kota Batam, terdampak penimbunan. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penimbunan mangrove di Sei Nayon, Bengkong Sadai, Kota Batam, masih terus berlanjut. Bahkan, kali ini penimbunan kian melebar hingga ke alur sungai.

PT Harmoni Mas, perusahaan yang melakukan aktivitas di sana, membantah, melakukan penimbunan mangrove. Namun, fakta di lapangan pohon-pohon mangrove sudah banyak yang rusak dan tertimbun.

"Lagi penimbunan, namun bukan hutan mangrove.Tks," kata James Sumihar Sibarani, perwakilan PT Harmoni, saat dikonfirmasi lewat WhatsApp, Rabu (3/11/2021).

Selain penimbunan mangrove, warga Sei Nayon juga mengeluhkan banyak debu saat musim panas dan jalan licin saat hujan. Hal ini, tak lepas dari aktivitas penimbunan dan hilir mudik truk penangkut tanah timbun.

Penimbunan hutan mangrove ini, bertolak belakang dengan semangat Presiden Joko Widodo yang ingin merevitalisasi hutan mangrove di Indonesia. Revitalisasi huta mangrove ini, sebagai komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim dunia.

Baru-baru ini, Presiden Jokowi bahkan turun langsung ke Pulau Setokok, Galang, Kota Batam untuk menamam bibit mangrove. Setelahnya, melakukan revitalisasi mangrove di Bali dan Kalimantan Utara.

Editor: Gokli