Peduli Anak Indonesia Tangguh

Polda Kepri Beri Dukungan Psikososial untuk Anak Terdampak Covid-19
Oleh : Hadli
Selasa | 02-11-2021 | 19:08 WIB
psikososial-anak-Kepri.jpg
Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman bersama anak terdampak Covid-19, Selasa (2/11/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman memberikan dukungan psikososial bagi anak-anak terdampak Covid-19. Bertemakan 'Peduli Anak, Indonesia Tangguh' kegiatan psikososial ini berlangsung di Aula Hotel PIH Kota Batam.

Kegiatan serentak seluruh wilayah Polda se-Indonedia tersebut dibuka secara serentak oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Selasa (02/11/2021).

"Pelaksanaan kegiatan dukungan psikososial ini merupakan salah satu bentuk upaya mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional, yang selaras dengan transformasi menuju Polri yang Presisi," kata Sigit.

Peningkatan kegiatan Kepolisian ini, tambah Sigit bersinergi dengan Kementerian Sosial, Kementerian PPPA, LPAI, Dinas Psikologi TNI dan Puspsi BIN serta didukung oleh BRI dan ARC.

"Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri bersama rekan-rekan lain yang terlibat dan mendukung acara ini terhadap kondisi masyarakat yang merasakan dampak langsung dari pandemi Covid-19, utamanya anak-anak yang ditinggalkan orang tuanya serta anak penyandang disabilitas," tambah Sigit.

Sigit mengatakan, sasaran yang ditentukan pada kegiatan seluruh wilayah Polda dan jajaran ini dengan peserta 2.333 anak, terdiri dari 2.138 anak yang ditinggalkan orang tuanya dan 195 anak penyandang disabilitas.

"Oleh karena itu, diperlukan sentuhan-sentuhan semacam ini untuk memberikan penguatan psikologis agar mereka mampu menatap masa depannya serta menumbuhkan kepedulian kepada lingkungan sekitarnya," jelas Sigit.

Sigit mengingatkan, ancaman Covid-19 belum berakhir, untuk itu bersama tidak boleh lengah. Dibutuhkan upaya yang luar biasa dan saling bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat melalui disiplin 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, Membatasi Mobilitas, dan Menghindari Kerumunan) dan Penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) secara konsisten.

"Sebarkan terus kesadaran kepada lingkungan sekitar kita untuk membantu menekan laju penyebaran Covid-19 sebagai satu upaya meningkatkan kekebalan kelompok (Herd Immunity), sehingga harapan kita semua bahwa ekonomi akan terus bertumbuh dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali," ujar Sigit.

Kembali ke Aula PIH Batam, Kapolda, Danrem 033/WP, Ketua DPRD Kepri, pimpinan Bank BRI Cabang Wilayah Kepri, dan Ketua HIMPSI Kepri memberikan bingkisan dan sarana kontak secara simbolis. "Adapun peserta dukungan psikososial bagi anak - anak terdampak Covid-19 di Polda Kepri sebanyak 60 orang anak yang terdiri dari 30 orang anak anggota Polri dan 30 orang anak yang terdampak covid 19," tutup Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman.

Editor: Gokli