Seniman Mural Kepri, Datun Budi Santoso Maju Lomba Mural Tingkat Nasional
Oleh : Hadli
Minggu | 31-10-2021 | 11:32 WIB
datun_budi_mural_b.jpg
Datun Budi Santoso dari Tim Batam Art sebagai pemenang juara satu lomba mural di Kepulauan Riau (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu orang pelukis mural Bhayangkara Humas Polda Kepri akan mengikuti lomba mural tingkat nasional. Dia adalah Datun Budi Santoso dari Tim Batam Art sebagai pemenang juara satu lomba mural di Kepulauan Riau (Kepri).

Mural karya Datun menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa tetap teliti saat bermedia sosial.

Datun menggunakan empat warna untuk mengkombinasikan lukisan berukuran 2x3. Pada sisi kiri bawah terdapat beberapa profesi yang mengenakan masker. Sisi kanan bawah anak-anak sedang menggunakan komputer bermedia sosial.

Pada sisi kanan atas, Datun menuliskan Comunication Saring sebelum Sharing dan Stop Hoax.

Kepada BATAMTODAY.COM, Datun mengatakan, sebenarnya ia nya sudah lama ingin menyampaikan pesan ini kepada masyarakat. Namun dikarena situasi pandemi covid-19 niatnya terpaksa ditunda.

"Karena dimasa pandemi ini salah satu alat positif yang digunakan adalah media sosial, tapi tidak semuanya bagus makanya kita harus sharing dan shering," ujarnya dilokasi festival mural Bidhumas Polda Kepri, jalan Underpass Pelita, Batam, Sabtu (30/10/2021) sore.

Datun mengapresiasi pagelaran festival mural yang diadakan oleh Bidhumas Polda Kepri dalam rangka HUT Humas Polri ke 70. Sebagai seniman, ia merasa ada kepuasan tersendiri saat melihat tembok di jalan dipenuhi lukisan mural yang mendidik.

"Jelas kegiatan ini sangat memotivasi kami. Mudah-mudahan selanjutnya festival mural dapat terus berlangsung di Kepri," harapnya.

Sebagai juara satu, Datun memperoleh dana pembinaan sebesar Rp. 7.500.000 beserta Sertifikat Apresiasi dari Kapolda Kepri Irjen Pol Aria Budiman.

Untuk juara dua diraih Aulia Padma dan Dewi Ayu dari Tim Bana Design mendapatkan hadiah sebesar Rp. 6.000.000 dan Sertifikat Apresiasi.

Juara ketiga dipilih mural Deon Deliano dari Tim Rebellion mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.000.000 dan Sertifikat Apresiasi. Juara Harapan diberikan kepada Marani mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3.500.000,- dan Sertifikat Apresiasi.

Penyerahan hadiah diserahkan languang Kapolda Kepri Irjen Pol Aria Budiman, Waka Polda Kepri Brigjen Pol Dermawan, Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim dan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt.

Para juri terdiri dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, aktifis Mural Hardiyanti dan perwakilan media, Saibansah Dardani Pimpinan Redaksi BATAMTODAY.COM.

Sedangkan 16 peserta lainnya mendapat sertifikat dan dana pembinaan dari Bidhumas Polda Kepri.

"Semua hasil karya seni mural sangat bagus sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kami memberikan Sertifikat Apresiasi serta uang pembinaan kepada seluruh peserta Bhayangkara Mural Festival 2021 yang tidak mendapatkan juara," tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Hary Goldenhardt.

Editor: Fransiskus Nainggolan