Harga Minyak Goreng Melambung, Disperindag Batam Surati Kemendag RI
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 30-10-2021 | 18:28 WIB
minyak-goreng.jpg
Disperindag saat rapat dengan Asosisiasi Distributor Kota Batam terkait stok bahan pangan, khususnya kenaikan harga minyak goreng, Sabtu (30/10/2021) di Batam Center. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam bersama Asosiasi Distributor Bahan Pokok Batam memastikan stok minyak goreng aman.

Dalam rapat yang dilaksanakan di kawasan Batam Centre, Sabtu (30/10/2021), Kadis Disprindag Batam, Gustian Riau memastikan harga minyak goreng di Kota Batam tidak lagi meningkat, setelah sempat mengalami kenaikan 40 persen dari harga normal sejak beberapa minggu terakhir.

"Kami melakukan rapat kordinasi dengan distributor di seluruh Kota Batam, salah satunya distributor minyak goreng guna mengantisipasi kenaikan harga terus berlanjut," kata Gustian Riau.

Diungkapkannya, kenaikan harga minyak goreng di Kota Batam ini disebabkan oleh kenaikan harga Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah.

Dijelaskannya, selain masalah meningkatnya harga CPO, distribusi minyak goreng yang berasal dari Medan dan Jakarta juga mengalami masalah beberapa waktu terakhir. "Jadi karena keterlambatan ekspedisi dan kenaikan harga CPO yang menyebabkan minyak goreng naik harganya," kata dia.

Meski begitu, Disprindag Batam telah menyurati Kementrian Perdagangan dan juga pihak ekspedisi terkait melonjaknya harga minyak goreng di Kota Batam.

"Kami surati Kementrian Perdagangan untuk menurunkan harga minyak goreng, dan ekspedisi kami minta lebih cepat dalam melakukan pengiriman bahan itu. Tetapi, sejauh ini kami sudah lakukan antisipasi dengan menjaga stok minyak makan tetap aman hingga akhir tahun, agar tidak ada lagi lonjakan harga di atas 40 persen," tegasnya.

Editor: Gokli