Kota Batam Masuk Nominator Anugerah Tangguh Adhiwirasana BPNP
Oleh : Redaksi
Sabtu | 23-10-2021 | 11:32 WIB
jef-lagi-denda1.jpg
Sekda Kota Batam, Jefridin. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam terpilih sebagai nominator Anugerah Tangguh Adhiwirasana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan Kota Batam merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Kepri yang diundang untuk mengikuti tahapan penjaringan nugerah Tanggungguh Adhiwirasana.

"Kita masuk kategori Wira Sandya Laksana. Hari ini kami sedang menyiapkan semua data yang diminta panitia," kata Jefridin, Jumat (22/10/2021).

Dijelaskan Jefridin, Anugerah Tanggungguh Adhiwirasana merupakan penghargaan yang diberikan bagi insan dan lembaga yang berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19.

Selain itu juga penanggulangan bencana alam dengan mengedepankan nilai humanisme dan nasioalise dengan mengusung tema Kolaborasi Indonesia Tangguh Bencana.

"Kemudian kategori Wira Sandya Laksana adalah salah satu kategori yang diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang menunjukan kinerja unggul dalam upaya penanggulangan Covid-19 di daerah masing-masing," ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam, Azman mengatakan penghargaan dari BNPB tersebut memang hanya diberikan kepada daerah yang memiliki inovasi dalam penanggulangan bencana.

"Dari 530 daerah yang ada di Indonesia, untuk tingkat kota hanya dipilih 25 kota termasuk Kota Batam. Sedangkan Kabupaten 32 dan Provinsi 20," kata Azman.

Salah satu yang menjadi penilaian kenapa Batam bisa terpilih di anataranya seperti penempatan isolasi pasien Covid-19 di Asrama Haji. Batam terpasuk daerah yang pertama mencentuskan ide tersebut.

"Kemudian juga pemberian sembaki untuk masyarakat, tak hanya dari anggaran APBD saja, tapi juga menggandeng swasta, ini juga menjadi salah satu penilaian," katanya.

Editor: Yudha