Marak Pemalsuan

Polda Kepri Tingkatkan Pengawasan Penggunaan Surat PCR maupun Rapid Antigen Covid-19
Oleh : Putra Gema
Kamis | 15-07-2021 | 16:36 WIB
goldenhardt-rapid.jpg
Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri akan meningkatkan pengawasan penggunaan surat test swab Covid-19 di kalangan pekerja. Hal tersebut dikarenakan maraknya ditemukan pelaku pemalsuan surat tes untuk pekerja di beberapa daerah.

Hal ini ditemukan dari adanya 4 pelaku pemalsuan surat keterangan test swab PCR maupun antigen di Jakarta.

Selain membuat surat keterangan palsu hasil negatif, test swab PCR ataupun test antigen, pelaku ini juga menerima permintaan dari pelanggannya untuk dibuatkan surat keterangan hasil tes usap ataupun antigen dengan hasil positif Covid-19.

Permintaan surat keterangan palsu dengan hasil positif ini banyak dilakukan oleh para pekerja, agar mereka tidak perlu bekerja dengan alasan positif Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengungkapkan, hal tersebut belum terjadi di kawasan Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam.

"Sampai saat ini belum kita temukan pemalsuan surat test swab yang dijadikan positif, karena hasil swab sudah ada lab yang resmi sesuai SE Kemenkes," kata Harry melalui telepon selulernya, Kamis (15/7/2021).

Ditegaskannya, terkait adanya kasus tersebut di beberapa daerah, pihaknya akan terus tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi jika memang pemalsuan surat itu terjadi di wilayah Kepri. "Kita akan terus melakukan monitoring untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi," tegasnya.

Editor: Gokli