Masuk Batam Tanpa PCR Negatif, 6 Penumpang Citilink dari Padang Positif Covid-19
Oleh : Hadli
Kamis | 15-07-2021 | 12:39 WIB
ilustrasi-swab12.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dansatgas Covid Bandara Hang Nadim Batam, Mayor Lek Wardoyo mengkonfirmasikan telah keluar sebagian hasil PCR dari 58 penumpang yang masuk Batam tanpa PCR negatif dari Padang.

"Baru 24 orang hasil Sweb FCR nya yang keluar, sisanya akan keluar sore hari ini," kata Kadisops Lanud Hang Nadim tersebut, Kamis (15/7/2021).

Mayor Lek Wardoyo memastikan, dari 24 orang tersebut ada penumpang yang hasilnya Poritif Covid - 19. Hasil pemeriksaan itu akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Vobid-19 Kota Batam.

Tindakan yang akan diambil, tambah Wardoyo tergantung dari Gugus Tugas Kota Batam, apakah akan dievakuasi ketempat karantina atau isolasi mandiri.

"Ada 6 orang terpapar Covid-19. Sementara ini masih karantina mandiri sesuai alamat yang kami data saat kedatangan dan keluar hasil swabnya," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, ada sebanyak 58 orang penumpang pesawat Citilink QG-957 dari Padang yang baru mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (13/7/2021) diamankan petugas pengamanan bandara.

Mereka tidak memiliki dokumen negatif Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dari Padang. Data kesehatan yang dibawa hanya rapit antigen.

Menurut Kadisops Lanud Hang Nadim sekaligus Dansatgas Covid Bandara Hang Nadim Batam, Mayor Lek Wardoyo, jumlah seseluran penampung yang masuk di Batam pada hari itu.

"Dari ke-113 penumpang itu, 58 diantaranya tidak memiliki dokumen RT-PCR Negatif," kata Wardoyo.

Para penumpang ini, kata dia, diketahui tidak memiliki dokumen hasil negatif PCR dari Padang saat melalui petugas KKP Batam yang sedang melakukan pemeriksaan e-Hac.

Setelah ditelusuri dari keterangan beberapa penumpang, kata Wardoyo, para penumpang ini bisa terbang ke Batam dengan memiliki dokumen Antigen yang sudah divalidasi oleh petugas KKP Padang.

Editor: Yudha