Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Melanda Kepri, BMKG Imbau Masyarakat Berhati-hati
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 13-07-2021 | 15:27 WIB
A-petir-menyambar_(1).jpg
Ilustrasi hujan lebat disertai petir. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan hujan lebat dan angin kencang masih terus melanda wilayah Kepri hingga beberapa hari ke depan. Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada saat melakukan aktivitas.

Menurut Forcaster BMKG Batam, Made Rony, kondisi cuaca di wilayah Kepri untuk beberapa hari kedepan diprakirakan masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang.

Kondisi ini, kata dia, disebabkan oleh adanya konsentrasi massa udara basah di sekitar Wilayah Kepulauan Riau bagian Utara menyebabkan tingginya potensi pembentukan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

"Secara umum kondisi cuaca di Kepulauan Riau esok hari diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang pada pagi dan siang hari di wilayah Anambas dan Natuna," kata Made melalui siaran pers, Selasa (13/7/2021).

Dengan adanya kondisi seperti itu, kata dia, masyarakat di imbau agar selalu waspada dengan potensi angin kencang di wilayah Kepulauan Riau yang dapat menyebabkan tingginya gelombang laut.

Masih kata Made, akibat cuaca yang tidak menentu, potensi gelombang laut di wilayah Perairan Timur Lingga dan Perairan Timur Bintan mencapai ketinggian 2,0 meter.

"Untuk masyarakat Anambas dan Natuna agar selalu berhati-hati kalau ingin menggunakan transportasi laut. Sebab ketinggian ombak dikedua wilayah tersebut mencapai 4,0 meter hingga 5,0 meter," ujarnya.

Editor: Dardani