Salat Idul Adha Hanya Boleh di Lapangan, Jarak Antarjamaah 2 Meter
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-07-2021 | 17:40 WIB
iduladha-btm.jpg
Wali Kota Muhammad Rudi saat rapat bersama Forkopimda dan Tokoh Agama di Batam, Rabu (7/7/2021). (Media Center Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memutuskan pelaksanaan salat Idul Adha di Batam diperbolehkan di lapangan.

"Pelaksanaan salat Idul Adha hanya di lapangan," ujar Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat memimpin pertemuan dengan tokoh agama di Batam, Rabu (7/7/2021) lalu, seperti dikutip Media Center Batam.

Keputusan itu, kata dia, berdasarkan aspirasi para tokoh agama yang disampaikan langsung kepada Wali Kota. Meski diperbolehkan, jika terjadi hujan, jemaah tidak diperkenankan pindah ke masjid.

"Tadi sudah sepakat semua, kalau hujan tidak boleh pindah ke masjid," ujar Rudi. Selain itu, pelaksanaan salat Idul Adha diatur jarak 2 meter antarjamaah. Kemudian, khotbah hanya diberi waktu 15 menit.

"Ini kesepakatan bersama, jangan sampai ada yang melanggar karena ini demi kemaslahatan umat di Batam," tegasnya.

Selain pelaksanaan salat Iduladha, untuk pelaksanaan kurban juga diterapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar, menegaskan, pemotongan hewan kurban juga harus mengikuti aturan yang ada.

"Panitia yang berkecimpung adalah yang sudah divaksin dan pembuktian rapit antigen. Selama pelaksanaan kurban jangan sampai berkerumun dan yang boleh menyaksikan hanya peserta kurban," ujarnya.

Editor: Gokli