Vaksinasi di Temenggung Abdul Jamal Batam Tertib dan Teratur
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 17-06-2021 | 14:20 WIB
A-VAKSINASI-TEMENGGUNG-BATAM.JPG
Kegiatan pelaksanaan vaksinasi di Temenggung Abdul Jamal Batam berlangsung tertib dan teratur. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat sempat berdesak-desakan saat mengikuti vaksinasi masal yang digelar di kawasan Stadion Temenggung Abdul Jamal Kota Batam dalam beberapa waktu lalu.

Namun kini berbeda, meski ribuan orang yang datang, masyarakat yang menunggu antrean masuk ke lokasi vaksinasi lapangan futsal sport hall sudah tertata rapih dan teratur.

Mereka yang menunggu disiapkan tempat duduk dan diberi jarak. Sehingga tidak ada desak-desakan lagi sesama pengunjung.

Pantauan di lapangan, melalui pengeras suara petugas mengatur antrean warga dengan baik. Kelompok-kelompok antre tadi dipanggil satu persatu. Antrean memanjang sampai ke halaman parkir kendaraan bermotor.

Petugas terpaksa melaksanakan prosedur serupa agar protab protokol kesehatan tetap berjalan dengan baik.

"Antre sejak pagi tadi. Ini baru siap di vaksin," ujar Mulyadi, warga Sagulung Batam, Kamis (16/06/2021).

Dia mengakui, vaksinasi di Temenggung sudah teratur dan tidak berdesak-desakan. Hal itu lantaran masyarakat yang akan di vaksin harus memiliki rekomendasi surat dari kecamatan sesuai domisili.

"Jadi, yang tidak bawa rekomendasi dari kecamatan tidak bisa vaksin. Bagus juga biar tertip," tuturnya.

Alasan warga mengikuti vaksin, selain demi ketahanan tubuh dan kesehatan, juga karena peraturan presiden terbaru. Warga kuatir urusan administrasi kepemerintahan mereka akan dipersulit jika tidak mengikuti vaksin.

Program vaksinasi massal ini sudah berjalan sejak Minggu (13/6/2021) dan setiap hari selalu dipadati peminat. Petugas keamanan gabungan dari Polisi, TNI, Satpol PP dan Ditpam BP Batam harus mengatur sistem antrean dengan baik agar tetap dalam koridor protokol kesehatan yang ada.

"Hari ini layanan maksimal sekitar 2.500 orang saja makanya kita perketat dengan nomor antrean dari kecamatan," ujar Kasat Sabhara Polresta Barelang Kompol Firdaus.

Editor: Saibansah Dardani