UEFA akan Merombak Besar-besaran Format Liga Champions
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-05-2021 | 09:40 WIB
champion-league11.jpg
Liga Champion.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - UEFA dikabarkan tengah mempersiapkan perombakan besar terhadap format Liga Champions, yakni menggelar semifinal dan final selama sepekan di satu kota.

Format Liga Champions musim lalu juga mengalami perubahan signifikan karena pandemi Covid-19. Babak perempat final, semifinal, hingga final digelar di Lisbon, Portugal.

Perempat final dan semifinal pun diubah menjadi satu leg dan digelar tertutup bagi penonton. Bayern Munchen keluar sebagai juara usai mengalahkan Paris Saint Germain di final.

Sport Bible mengutip The New York Times melaporkan, UEFA akan mengungkapkan rencana perombakan format baru Liga Champions menjelang final antara Manchester City vs Chelsea.

Perubahan format tersebut cukup menguntungkan bagi suporter di mana mereka bisa menyaksikan dua partai semifinal dan final di pekan yang sama. Agenda ini disebut sebagai, 'pekan juara'.

Nantinya, laga puncak bakal tetap dimainkan seperti biasanya, yakni pada Sabtu malam atau Minggu dini hari WIB. Nah, untuk mengisi waktu lowong, UEFA akan menggelar konser dan acara lain untuk menghibur fan.

UEFA dikabarkan terinspirasi dari acara Super Bowl NFL, yang sangat sukses. Dalam penyelenggaraannya, Super Bowl didukung berbagai event menarik menjelang final yang dinanti pada hari Minggu.

Perombakan format Liga Champions ini sedang dalam pertimbangan serius. Namun, UEFA belum siap meresmikan usulan tersebut karena belum klub-klub kontestan belum dilibatkan. Kemungkinan format baru ini baru bisa diberlakukan mulai 2024.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha