Kepala BP Batam Tinjau Progres Pembangunan Pelabuhan Batu Ampar
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 17-05-2021 | 13:01 WIB
kepala-bp-ampar1.jpg
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat meninjau Pembangunan Pelabuhan Batu Ampar, Senin (17/5/2021). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, pagi tadi (Senin, 17/5/2021) melakukan peninjauan proses revitalisasi Pelabuhan Batuampar, Kecamatan Batuampar, Kota Batam.

Pada saat melakukan peninjauan, Rudi mengatakan bahwa pengecekan proses revitalisasi pelabuhan merupakan arahan atau perintah langsung dari Presiden dan Wakil Presiden serta Menko Perekonomian.

"Tujuan dari peninjauan ini adalah untuk memastikan areal pelabuhan telah bersih dari gudang-gudang yang berdiri di area tersebut. Ini sesuai perintah Presiden dan Menko Perekonomian," kata Rudi.

Rudi mengatakan, paling lambat dalam bulani ini (Mei 2021) kawasan pelabuhan harus sudah bersih dari area pergudangan, karena pelabuhan Batu Ampar bukan lagi seperti pelabuhan semi tradisional, tetapi harus menuju ke arah pelabuhan lebih modern.

"Kondisi pelabuhan Batu Ampar harus sudah bersih dari pergudangan paling lambat tanggal 25 Mei 2021 mendatang," ujarnya.

Kesiapan dan perencanaan, kata dia, akan dilaksanakan step by step karena keterbatasan keuangan (Dana). Walaupun demikian, katanya lagi, mudah-mudahan pelabuhan Batu Ampar dapat berdaya saing dengan pelabuhan nasional dan negara-negara tetangga lain.

Sementara dalam waktu dekat, lanjut Rudi, BP Batam akan menambah alat pengangkut barang dan menata tempat parkir kontainer. Rudi pun menambahkan, nanti akan ada pemagaran pelabuhan, sehingga yang tidak mempunyai kepentingan dilarang masuk.

"Sistem ini terhubung dengan Batam Logistic Ecosystem (BLE) yang sudah berjalan. Dan ke depan akan kita sempurnakan lagi," pungkasnya.

Editor: Yudha