BMKG Prakirakan Wilayah Kepri Dilanda Hujan hingga Beberapa Hari ke Depan
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 11-05-2021 | 17:37 WIB
cuaca-kepri1.jpg
Prakiraan cuaca di Wilayah Kepri. (BMKG Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan hujan lebat dan angin kencang masih terus melanda wilayah Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam hingga beberapa hari ke depan. Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada saat melakukan aktivitas.

Berdasarkan siaran pers BMKG Batam, kondisi cuaca di wilayah Kepri untuk beberapa hari ke depan diprakirakan masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi ini, katanya, disebabkan adanya belokan angin di wilayah Kepulauan Riau dan didukung kelembapan udara yang cukup tinggi menyebabkan potensi pembentukan awan-awan hujan terus meningkat.

"Secara umum, kondisi cuaca di wilayah Kepri untuk beberapa hari ke depan diprakirakan masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang," tulis BMKG Batam dalam rilisnya, Selasa (11/5/2021).

Wilayah Kepri yang masih berpotensi dilanda hujan, terdiri dari Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan serta Kabupaten Anambas dan dapat meluas ke wilayah lainnya.

"Khusus untuk Kota Batam, hampir seluruh wilayah masih di landa Hujan."

Selain hujan disertai angin kencang, potensi gelombang tinggi juga masih terjadi di sejumlah perairan di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Dengan kondisi cuaca seperti itu, masyarakat diimbau agar terus waspada karena rawan terjadinya bencana alam akibat kondisi cuaca yang tidak menentu.

BMKG Batam juga mengimbau kepada pihak pengelola tranpsportasi laut agar selalu menyediakan alat bantu atau life jacket untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. "Khusus bagi pengelola dan masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu waspada terhadap kondisi ini," tutup rilis itu.

Editor: Gokli