Kepri Masih Dilanda Angin Kencang, Masyarakat Dimbau Waspada dan Berhati-hati
Oleh : Pascal Rh
Minggu | 21-02-2021 | 17:04 WIB
BMKG_kepri_b.jpg
Prakiraan angin kencang di Kepri (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, mengingatkan masyarakat agar mewaspadai dampak angin kencang yang masih melanda sebagian wilayah Kepulauan Riau (Kepri) hingga beberapa ke depan.

Menurut Forecaster BMKG Batam, Rizky F Widowati, rendahnya kelembapan udara di wilayah Kepulauan Riau serta angin yang cukup kencang menyebabkan potensi pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang. 

Rizky menyebutkan, selain angin kencang yang masih terus melanda sebagian wilayah di Kepri, potensi gelombang tinggi juga terjadi di sejumlah perairan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Secara umum, kondisi cuaca esok hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan," kata Rizky melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Minggu (21/2/2021).

Dengan kondisi cuaca seperti itu, kata dia, masyarakat dihimbau agar terus waspada terhadap potensi angin kencang di wilayah Batam dan Bintan.

"Bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut agar tetap waspada terhadap potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian hingga 2,5 meter," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kondisi cuaca seperti ini rawan terjadinya bencana akibat angin kencang seperti, tumbangnya pohon atau pun fasilitas lain di pinggir jalan seperti tiang listrik, baliho, dan sebagainya.

Selain itu, Rizky juga menghimbau pihak pengelola tranpsportasi laut agar selalu menyediakan alat bantu atau life jacket untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bagi pengelola dan masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah Perairan Karimun, Perairan Bintan, Perairan Lingga, Perairan Kepulauan Anambas, serta Perairan Kepulauan Natuna," pungkasnya.

Editor: Surya