Kebakaran TPA Telaga Punggur Berawal dari Lembah Gundukan Sampah
Oleh : Putra Gema
Rabu | 17-02-2021 | 18:20 WIB
pemadaman-TPA-punggur.jpg
Proses pemadaman api di TPA Telaga Punggur, Kota Batam. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hebat yang terjadi di tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur, Kota Batam, Selasa (16/2/2021) kemarin, berawal dari lembah gundukan sampah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Herman Rozi, setelah kobaran api berhasil ditanggulangi.

Kebakaran ini merupakan kebakaran ketiga setelah sebelumnya juga pernah terbakar besar pada Agustus 2019 lalu. "Dikarenakan alat yang tidak memadai dan titik api yang susah dijangkau Satgas, maka api cepat merambat dan membesar," Kata Herman, Rabu (17/2/2021).

Diungkapkannya, kebakaran kali ini lebih kecil jika titik apinya dibandingkan dari tahun 2019 lalu, akan tetapi pada kejadian ini memiliki asap yang jauh lebih tebal dari pada kejadian sebelumnya.

Lanjut Herman, dalam kejadian ini pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam dan juga Polda Kepri untuk membantu melakukan prosesi pemadaman titik api.

"Kalau tahun 2019 lalu semuanya selesai (api padam) dalam kurun waktu 2 bulan. Tetapi kali ini akan diupayakan dalam kurun waktu 1 bulan," ungkapnya.

Kesulitan prosesi pemadaman kali ini selain titik api berada di lembah, titik-titik api tersebut berada di bawah permukaan sampah. "Karena itu, asapnya lebih banyak. Kalau tahun 2019 apinya kan di permukaan, jadi gampang terjangkau," tegasnya.

Editor: Gokli