Polsek Sagulung Pantau 5 Titik Perayaan Ibadah Imlek di Wilayah Kerjanya
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 11-02-2021 | 17:36 WIB
Yusriadi-Yusuf.jpg
Kapolsek Sagulung, AKP Yusriadi Yusuf. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Sagulung siap memberikan kenyamanan dan ketertiban saat warga Tionghoa melaksanakan ibadah perayaan Imlek di Vihara, wilayah Sagulung sekitarnya.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, penganyoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam merayakan Tahun Baru Imlek 2572 tahun 2021.

Seperti diketahui di wilayah hukum Polsek Sagulung, sedikitnya 5 titik lokasi ibadah Imlek, baik Vihara atau Klenteng, yakni Vihara Dharma Murni tepatnya di Kavling Lama Kelurahan Sagulung Kota. Kemudian, Vihara Deva Sakti berada di belakang Kompi Bantuan Yon 136 Rider Kelurahan Tembesi.

Selanjutnya, Vihara Tai Seng Sun Go Khong dibelakang Kompi Bantuan Yon 136 Rider Kelurahan Tembesi dan Vihara Arya Dharma Sukha yang juga di belakang Kompi Bantuan Yon 136 Rider Kelurahan Tembesi serta Vihara Ing Cintien berada di komplek SP Plaza Kelurahan Tembesi.

Kapolsek Sagulung, AKP Yusriadi Yusuf menyampaikan, pihaknya hanya memantau atau memonitor saja. Sebab, penjagaan atau pengawalan perayaan Imlek tahun ini langsung dari jajaran Polresta Barelang.

"Kita hanya back up saja atau monitor di wilayah hukum Polsek Sagulung ini. Sebab untuk pengawalan dan penjagaan langsung dari jajaran Polresta Barelang," ujarnya Yusriadi Yusuf, Kamis (1102/2021).

Karena sebelumnya, Polda Kepri sudah melakukan operasi Liong Seligi 2021 merupakan Operasi Kemanusiaan dengan titik berat pelaksanaan tugasnya adalah memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat dalam merayakan Imlek serta mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita hanya memberikan terjaminnya rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan Tahun Baru Imlek/Gong Xi Fa Cai 2572 Tahun 2021 serta terhidar dari wabah Covid-19," ujarnya.

Kemudian, ibadah ini dilaksanakan di Klenteng masing-masing dan tidak ada kegiatan ibadah secara bersamaan di semua Klenten serta tidak ada acara lain selain sembahyang biasa.

"Ini kan masih pandemi Covid-19, jadi ibadahnya di Klenteng masing-masing dan tak ada acara lain selain sembahyang biasa. Karna kita masih memerangi penyebaran Covid-19 ini," pungkasnya.

Editor: Gokli