Cuaca Ekstrim, Polisi Imbau Masyarakat Waspada Saat Berlayar
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 21-01-2021 | 15:06 WIB
A-CUACA-EKSTRIM-BATAM.jpg
Kapolsek Batuaji, Kompol Jun Chaidir saat melakukan kunjungan ke Pulau Bulang, Batuaji, Rabu (20/01/2021). (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca yang cukup ekstrim di awal tahun ini, masyarakat dihimbau agar lebih berhati-hari saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Untuk itu, Polsek Batuaji menghimbau para nelayan atau masyarakat yang tinggal di pulau-pulau Kecamatan Bulang untuk meningkatkan kewaspadaan saat berpergian keluar rumah.

Pasalnya, kondisi saat ini sangat berbahaya bagi masyarakat terutama para nelayan saat berlayar mencari ikan. Dan perlu diperhatikan bahwa aktivitas pelayaran antar pulau, lingkungan tempat tinggal yang rawan dengan hantaman angin puting beliung, bencana tanah longsor, pohon tumbang dan lain sebagainya agar benar-benar diperhatikan demi menghindari korban jiwa atau harta benda.

"Hinbauan ini lebih ditekankan kepada pelaku usaha jasa pelayaran baik itu pancung ataupun kapal kayu lainnya di pelabuhan Sagulung dan pulau-pulau di sekitar kecamatan Bulang," ujar Kapolsek Batuaji, Kompol Jun Chaidir usai melakukan kunjungan ke Pulau Bulang, Batuaji, Rabu (20/01/2021).

Penambang pancung boat ataupun kapal kayu pengangkut barang harus mengedepankan keamanan dan keselamatan berlayar. Artinya jumlah penumpang ataupun kondisi cuaca di wilayah perairan harus disesuaikan dengan keadaan. Jika keadaan cuaca memburuk pelayaran hendaknya dihentikan sementara.

Jikapun berlayar, kata Jun, tentu harus melengkapi diri dengan alat keselamatan seperti pelampung, lampu penerang kapal dan lain sebagainya.

"Saya tekankan kepada Babinkamtibmas untuk mengimbau masyarakat dari sejak awal pergantian tahun, sebab kita tahu keadaan cuaca saat ini cukup ekstrim. Aktifitas pelayaran sangat kita perhatikan agar selalu mengedepankan keselamatan berlayar," ungkapnya Jun.

Begitu juga di darat, lanju Jun, segala potensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, hantaman angin puting beliung hingga pohon tumbang telah disosialisasikan kepada masyarakat agar Masyarakat sama-sama waspada.

"Di pulau Buluh misalkan sering terjadi puting beliung, itu kita minta perangkat setempat dan juga Babinkamtibmas di sana untuk selalu cek rumah atau bangunan yang berpotensi mudah rusak diterpa angin. Kita upayakan agar kewaspadaan ditingkatkan," pungkasnya Jun.

Editor: Dardani