Warga Batam Menjerit Tagihan Air Lebih Tinggi dari Listrik
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 08-01-2021 | 15:04 WIB
A-METERAN-AIR_jpg2.jpg
Seorang warga Batam sedang mengecek meteran air. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat Kota Batam keget dengan melonjaknya tagihan air pada awal tahun 2021 yang berlipat-lipat. Bahkan tagihan air di bulan Januari 2021 lebih tinggi dari tagihan listrik. Ini belum pernah terjadi selama puluhan tahun.

"Saat lihat bukti pembayaran air, saya kaget tagihannya mencapai Rp228 ribu. Jumlah tagihan air lebih tinggi dari tagihan listrik. Sampai sekarang saya masih terheran-heran dan bertanya-tanya ke tetangga," ujar Mustika, warga Perumahan Citra Laguna Tembesi Kecamatan Sagulung Batam, Jumat (08/01/2021).

Menurut Mustika, pembayaran air yang kini di kelola PT Moya itu tidak sangat wajar. Jika dibandingakan dengan pembayaran air saat masih dikelola oleh PT ATB, jumlah tagihannya sangat jauh berbeda.

"Pembayaran tagihan air pada Desember Rp30-60 ribu. Tapi kok kenapa tagihan air sudah melebihi tagihan listrik," tanya Mustika heran.

Mustika memastikan, meteran air di rumahnya juga tidak ada yang bocor, bahan rumahnya kerap kali ditinggal kerja.

"Saya harap PT Moya melakukan pengecekan ulang. Dan pemerintah bisa memberikan solusi kepada warga, apalagi disaat pendemi Covid-19," terangnya.

Hal yang sama juga dialami oleh Dedi, warga Sukamaju Sagulung. Meski belum melakukan pembayaran namun tagihan airnya saat di cek mengalami kenaikan menjadi Rp69 ribu yang sebelunya tagihan pada Desember 2020 sebesar Rp38 ribu.

"Cukup terbebani, apalagi sekarang covid-19 dan saya sudah nganggur," ujarnya kesal.

Seperti diketahui, sudah banyak warga yang mempertanyakan mengapa tagihan air ini mengalami kenaikan signifikan. Bahkan keluhan masyarakat ini sudah sampai ke meja DPRD Kota Batam, namun saat di adakan rapat RDP (Rapat Dengar Pendapat), PT. Moya tidak hadir.

Editor: Dardani