Cuaca Buruk, Harga Kebutuhan Pokok di Batam Mulai Naik
Oleh : Paskalis RH
Jumat | 27-11-2020 | 17:52 WIB
pasar-harga.jpg
Aktivitas pasar di SP Sagulung, Jumat (27/11/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat cuaca buruk yang melanda seluruh wilayah Kepulauan Riau beberapa waktu belakangan, mengakibatkan harga sejumlah bahan pokok di Kota Batam mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Pasar SP Sagulung, harga cabai merah keriting mengalami kenaikan yang paling signifikan hingga mencapai Rp 65 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai diduga karena faktor cuaca dan jelang akhir tahun.

Menurut salah seorang pedagang, Anto, harga cabai merah keriting terpantau Rp 60-65 ribu per Kg, naik Rp 10-15 ribu dari harga sebelumnya. Begitu juga dengan cabai rawit dari harga Rp 40 ribu per Kg, naik jadi Rp 50-55 ribu per Kg.

"Baru tiga hari terakhir harga cabai mengalami kenaikan," kata Anto, Jumat (27/11/2020.

Disinggung penyebab kenaikan harga tersebut, Anto mengatakan penyebab utamanya adalah karena faktor curah hujan terus menerus di daerah penghasil. Sehingga banyak petani yang enggan memanen, karena takut cabai cepat busuk.

"Kata distrbutornya, sering hujan. Cabai kalau kena airkan cepat membusuk, sehingga stoknya jadi terbatas" terang Anto.

Tak hanya cuaca, kata Anto, faktor jelang akhir tahun juga jadi penyebab naiknya harga cabai dan beberapa komodotitas lainnya. Hal ini terjadi hampir setiap tahunnya.

"Harga bawang juga tinggi, per onsnya Rp 5.000. Kalau per Kg Rp 46 ribu," ujarnya.

Naiknya harga cabai dirasakan Clara, warga Tembesi. Dia kaget ketika mendapati harga cabai naik Rp 16 ribu per Kg dari harga beberapa hari lalu. Di mana, sebelumnya dia membeli cabai Rp 12 ribu per 1/4 Kg.

"Tadi saya beli Rp 16 ribu per 1/4 Kg, cepat kali naiknya," Clara.

Karena itu, Clara berharap pemerintah segera melakukan pencegahan agar harga-harga kebutuhan lainnya tak bertambah naik. Apalagi di masa pandemi Covid-19, yang mana kondisi ekonomi masyarakat sedang turun.

"Ya, semoga tak tambah naik lagi. UMK belum naik, tetapi harga-harga udah melambung," tambahnya.

Sementara, Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau belum bisa dikonfirmasi terkait naiknya harga cabai dan beberapa komoditas lainnya.

Editor: Gokli