Wamendag Lepas Ekspor Smart Home Water Meter Produksi PT Satnusa Persada ke Amerika Serikat
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 17-11-2020 | 12:52 WIB
wamendag-satnusa1.jpg
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di PT Satnusa Persada Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang melakukan kunjungan kerja ke PT Satnusa Persada, Kota Batam, melepas pengiriman perdana ekspor smart home water meter produksi PT Satnusa Persada ke Amerika Serikat, Selasa (17/11/2020) pagi.

PT Satnusa Persada melakukan produksi smart home water meter. Alat itu berfungsi untuk memantau penggunaan air yang bisa dilihat di smartphone. Alat tersebut belum dipasarkan di dalam negeri.

"Kita sangat bangga dengan pencapaian ini. Saya melihat langsung potensi-potensi produk yang diekspor ke luar negeri di PT Satnusa Persada," ujar Jerry, usai melihat langsung produk yang dihasilkan di PT Satnusa Persada.

Ia mengatakan pemerintah akan terus mendorong pencapaian-pencapaian produk dalam negeri yang diekspor ke luar negeri.

"Saya pikir ini suatu hal yang harus kita apresiasi dan harus kita dorong pertumbuhan produk-produk dalam negeri yang di ekspor," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Jerry juga menyampaikan neraca perdagangan hingga September 2020 mencapai 13,51 miliar dolar AS. Ia merasa sangat bersyukur di tengah masa pendemi Covid-19 neraca perdagangan terus mengalami peningkatan.

Ia juga berharap neraca perdagangan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. "Kita harus menanamkan sebuah pikiran bagaimana ekspor harus lebih besar dari pada impor," tegasnya.

PT Satnusa Persada melakukan ekspor smart home water meter sebanyak 10.000 unit dengan nilai sekitar 2 juta dolar AS.

Editor: Yudha