Waspada, Banyak Tempat Cuci Tangan di Batam Tak Steril
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 12-11-2020 | 14:52 WIB
A-TEMPAT-CUCI-TANGAN.jpg
Salah satu tempat berbelanja di kawasan Sagulung Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di masa Pendemi Covid-19 semua tempat umum wajib menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya menyediakan tempat cuci tangan berserta sabunnya. Itu semua untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19

Ternyata, kedisiplinan untuk menerapkan protokol kesehatan sudah mulai longgar. Tempat keramaian sudah tidak lagi memperhatikan tempat cuci tangan. Terkadang bank air kosong sampai tidak ada penyediaan sabun .

 

Akhirnya, warga memilih tidak cuci tangan, padahal sangat dianjurkan cuci tangan sebelum memasuki ruangan publik.

"Ada airnya, tapi tidak ada sabun, jadi tak berguna karena bakteri tetap menempel di tangan," ujar Ali, pengunjung tepat keramain di Aviari.

Menurutnya, sabun ini sangat berperan penting untuk mencegah penularan covid-19. Ia berharap kepada petugas agar melakukan razia tempat keramaian yang tidak menyediakan cuci tangan.

"Jangan hanya masker saja di razia, tapi tempat yang tidak menyediakan cuci tangan harus di razia juga," tambahnya.

Pantauan di lapangan, masih banyak tempat keramaian yang tak menyedikan sabun di dalam tempat cuci tangan. Salah satunya di kawasan SP, Fanindo dan layanan publik lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, sebagian warga menyediakan handsanitizer di dalam dasboard motornya. Tapi bagi warga yang tidak ada persediaan handsanitizer, mereka memilih tak cuci tangan. "Saya selalu sediakan handsanitizer di dalam dasboard motor,” kata Amri.

Editor: Dardani